Polresta Palu lakukan penghijauan dengan tanam sebanyak 800 bibit pohon

id Porlesta Palu ,Tanam pohon,HUT RI,Kota Palu ,Sulteng

Polresta Palu lakukan penghijauan dengan tanam sebanyak 800 bibit pohon

Jajaran Polresta Palu menanam pohon demi melestarikan penghijauan di daerah itu, Kamis (18/8/2023). (ANTARA/HO-Humas Polresta Palu)

Palu (ANTARA) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Palu, Polda Sulawesi Tengah melakukan  penghijauan di berbagai wilayah di kota itu dengan menanam 800 bibit pohon.
 
Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Polresta Palu Kompol Nana Taryana di Palu, Jumat mengatakan giat penamaan pohon tersebut merupakan kegiatan yang dilakukan serentak sesuai instruksi Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo yang diteruskan melalui Kapolda, Kapolres dan Polsek jajaran di seluruh Indonesia.
 
Ia mengatakan bahwa pihaknya menanam sebanyak 800 batang pohon yang tersebar di berbagai wilayah Kota Palu, seperti Jalan Jati, Hunian tetap (Huntap) Balaroa, Lingkungan Mako Polsek Palu Timur, Jalan Veteran, Pantai Taipa dan Kawasan Pelabuhan Pantoloan.
 
"Kegiatan bertema ‘Polri lestarikan negeri penghijauan sejak dini’ ini dilakukan sesuai arahan dari Kapolresta Palu Kombes Pol. Barliansyah untuk melakukan penghijauan dengan menanam pohon bersama," katanya.
 
Ia mengemukakan penanaman bibit pohon itu dalam rangka HUT ke-78 Republik Indonesia (RI), Polri menggelorakan kembali penghijauan sejak dini dengan mengajak untuk menanam pohon di masing-masing wilayah.
 
“Polresta Palu bersama Polsek jajaran kurang lebih menanam 800 bibit pohon mahoni, pohon trambesi, pohon bakau dan pohon ketapang," katanya.
 
Dengan kegiatan tersebut, kata dia, diharapkan dapat memberikan kesadaran bagi semua pihak, sehingga bisa memberikan manfaat di masa yang akan datang dan menciptakan lingkungan semakin bersih, serta polusi udara bisa berkurang.
 
"Mudah-mudahan kegiatan positif ini bisa menular, selain itu apabila kita menanam bibit, secara tidak langsung juga menanam kebaikan untuk anak cucu di masa depan," ujarnya.
 
Sebelumnya, Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen Pol. Dedi Prasetyo menyampaikan ada 78 ribu pohon serentak ditanam oleh personel Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga Polda, Polres dan Polsek jajaran seluruh Indonesia.
 
"Kegiatan penghijauan hari ini secara serentak dilaksanakan di seluruh Polda sampai tingkat Polres dan Polsek ini target 1.000 pohon dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI dan juga mempersiapkan HUT ke-75 Polwan," kata Dedi di Jakarta.
 
Jenderal bintang dua itu menjelaskan, kegiatan penghijauan atau penanaman pohon ini merupakan momentum bagi seluruh anggota Polri untuk bisa berkontribusi di tengah perubahan iklim global.