Lapas Perempuan Palu Gelar Apel Siaga 3+1 Berantas Halinar

id Lapas Perempuan Palu

Lapas Perempuan Palu Gelar Apel Siaga 3+1 Berantas Halinar

Lapas Perempuan Kelas III Palu (LPP Palu) Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah menggelar apel siaga 3 + 1 Berantas Halinar (Handphone, Pungli, dan Narkoba). Foto : ANTARA/HO/ (Humas Lapas Perempuan Palu)

Sigi (ANTARA) -
Lapas Perempuan Kelas III Palu (LPP Palu) Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah menggelar apel siaga 3 + 1 Berantas Halinar (Handphone, Pungli, dan Narkoba) dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke 60 Tahun 2024, Jumat.


 


Apel siaga diikuti seluruh jajaran Lapas Perempuan Palu dan juga dihadiri Kepolisian Sektor (Polsek) Dolo dan Komando Rayon Militer (Koramil) 1306-04 Dolo Kabupaten Sigi. 


 


Kegiatan Apel Siaga dipimpin langsung oleh Kepala Lapas Perempuan Palu, Nur Mustafidah, saat membuka kegiatan ia mengungkapkan apel siaga ini sebagai bentuk implementasi komitmen program Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang identik dengan istilah 3+1 Kunci Pemasyarakatan Maju. 


 


"Terimakasih atas kehadirannya pada pelaksanaan kegiatan ini, mohon dukungannya agar Lapas ini tetap bersih dari Halinar," ucap Kalapas. 


 


Selain itu, Nur mengatakan selain upaya Deteksi Dini gangguan Kamtib sekaligus membersihkan peredaran Narkoba di dalam Lapas, tidak kalah pentingnya yakni Sinergitas antara Aparat Penegak Hukum yang mesti dijaga dengan baik. 


 


Walaupun dalam suasana berpuasa, Nur berharap hasil kegiatan ini akan tetap maksimal. 


 


"Usai apel siaga ini, akan dilanjutkan dengan penggeledahan blok hunian Warga Binaan, pastikan betul-betul bersih dari barang terlarang," tegasnya. 


 


Selanjutnya, teknis pelaksanaan penggeledahan dikoordinir langsung oleh Kepala Sub Seksi Keamanan Ketertiban, Suriati, kegiatan dilakukan sesuai prosedur yang meliputi penggeledahan badan maupun barang Warga Binaan. 


 


Hasilnya, ketika dilakukan Gelar Barang Sitaan pada Pukul 17.15 WITA, tidak ditemukan target utama operasi penggeledahan ini, yakni Handphone maupun Narkoba. 


 


Lebih lanjut, ditemukan sejumlah barang yang semestinya tidak berada di area blok hunian Warga Binaan, seperti Alat Rajutan, Sendok ataupun alat berkebun yang berbahan besi. Barang-barang tersebut selanjutnya akan ditertibkan kembali. 


 


Sementara itu, ditempat yang berbeda, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Tengah, Hermansyah Siregar mengapresiasi pelaksanaan kegiatan apel siaga yang telah berjalan sesuai harapannya. 


 


"Terimakasih bagi jajaran Pemasyarakatan yang telah melaksanakannya dengan baik dengan tetap menjaga kondusifitas di Tengah menjalankan ibadah puasa, semoga kondisi Lapas yang bersih seperti ini tetap terjaga, tentunya dibutuhkan komitmen semua pihak," Tegasnya.