Pengrajin Tenun Towale beri dukungan pasangan Rahmad-Rasyid di pilkada Donggala

id Rahmad Arsyad,Donggala,Towale

Pengrajin Tenun Towale beri dukungan pasangan Rahmad-Rasyid di pilkada Donggala

Pasangan Sarara di Pilkada Donggala, Rahmad Asryad - Abdul Rasyid bertemu para pengrajin Tenun di Desa Towale, Kabupaten Donggala, Selasa (8/10/2024). ANTARA/HO- (Tim Sarara)

Donggala (ANTARA) - Pengrajin Tenun Towale memberikan dukungan untuk pasangan Rahmad Arsyad - Abdul Rasyid pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Donggala, Provisni Sulawesi Tengah.



"Kami mendukung pasangan Sarara karena mereka bukan orang asing bagi kami, sebelum maju di Pilkada, kami para pengrajin sering mendapat bantuan," kata Ketua Kelompok Penenun Yamamore asal Desa Towale, Roslina pada pertemuan kelompok penenun Desa Towale bersama Rahmad Arsyad dan Abdul Rasyid, Selasa sore.



Roslina mengatakan para pengrajin tenun di Desa Towale sering mengikuti program Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Donggala yang sebelumnya dipimpin Rahmad Arsyad.



"Pak Doktor Rahmad cukup memberi dampak khususnya bagi para penenun di Towale melalui program Kadin Donggala," tuturnya.



Sementara itu Rahmad mengatakan para pengrajin perlu mendapat pendampingan agar industri tenun di Donggala bisa berkembang. 



"Pendampingan akan terus kami lakukan dan jika diberikan kesempatan maka saya akan memperluas akses untuk distribusi produk kerajinan tenun Donggala," terangnya.



Tidak hanya itu, Dia juga mendorong adanya digitalisasi UMKM dan industri kreatif untuk memperluas jangkauan pasar. 



"Perlu ada bantuan modal dan diprogram kami ada akses permodalan bagi pelaku usaha dan juga pemberian ADD+ ke desa", kata Rahmad.



Menurut Rahmad, bantuan modal dan penyaluran ADD+ ke desa dapat meningkatkan pengembangan usaha, terutama bagi Desa Towale yang dapat mengintegrasikan produk tenun dengan wisata dan budaya.



"Towale punya segala potensi, dari produk tenunnya, lokasi wisata bahari yang berkelas, juga tradisi dan kebudayaan masyarakatnya yang masih terjaga," ungkapnya.



Sementara itu, calon Wakil Bupati, Abdul Rasyid mengatakan, komitmen Sarara bersama penenun Desa Towale sudah terbangun cukup lama.



"Kami dan masyarakat Towale bukan orang baru sehingga masyarakat juga tidak segan mengundang dan membicarakan soal apa yang mereka harapkan jika nanti kami mendapat amanah sebagai pemimpin," tutup Rasyid.