Masyarakat Sigi diajak manfaatkan fasilitas umum guna tempat kumpul

id Kabupaten Sigi ,Sulawesi Tengah ,Pembangunan infrastruktur ,Bupati Sigi ,Irwan Lapatta

Masyarakat Sigi diajak manfaatkan fasilitas umum guna tempat kumpul

Bupati Kabupaten Sigi Mohamad Irwan Lapatta saat meresmikan Balai Pertemuan Desa Onu, Kecamatan Pipikoro dirangkaikan dengan pelepasan camat lama dan penyambutan camat serta sekretaris baru, Minggu (20/10/2024). (ANTARA/HO-Pemkab Sigi)

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Sulawesi Tengah mengajak masyarakat Kecamatan Pipikoro memanfaatkan balai pertemuan di masing-masing desa sebagai tempat berkumpul guna melaksanakan berbagai kegiatan masyarakat dan menyelesaikan masalah di daerah itu.
 
Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta di Desa Onu, Minggu, mengatakan pembangunan balai pertemuan bagian dari upaya pemerintah daerah meningkatkan fasilitas umum yang dapat digunakan masyarakat untuk berbagai kegiatan.
 
"Balai ini diharapkan menjadi pusat kegiatan masyarakat, baik untuk pertemuan adat, musyawarah desa, maupun kegiatan sosial lainnya," kata dia.
 
Ia mengemukakan pembangunan balai pertemuan di Desa Onu itu dikerjakan secara gotong royong oleh masyarakat setempat.
 
"Tentunya kamu mengapresiasi semangat gotong royong masyarakat Desa Onu yang turut berperan aktif dalam mewujudkan pembangunan balai ini," ucapnya.

Ia mengatakan pemerintah daerah meresmikan balai pertemuan itu dirangkaikan dengan pelepasan Camat Pipikoro dan penyambutan camat dan sekretaris yang baru.
 
"Rangkaian pelepasan camat dan sekcam (sekretaris kecamatan) yang lama dan baru yang dilakukan secara adat oleh lembaga adat Pipikoro dengan harapan agar pejabat baru dapat melanjutkan pelayanan yang optimal bagi masyarakat Kecamatan Pipikoro," katanya.
 
Pemerintah daerah senantiasa meningkatkan pembangunan infrastruktur pengembangan sumber daya manusia di wilayah tersebut.

"Harapannya ke depan pembangunan di Kabupaten Sigi, khususnya di Pipikoro, membawa perubahan positif bagi masyarakat setempat, " ujarnya.
 
Saat ini Pemkab Sigi juga melakukan pembukaan jalan dan pembangunan infrastruktur di Desa Moa, Kecamatan Kulawi Selatan untuk meningkatkan perekonomian di wilayah itu.

Pembukaan jalan dan pembangunan infrastruktur di wilayah itu sudah mendapatkan izin dari Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (BBTNLL).
 
"Tentunya secara signifikan akan meningkatkan konektivitas dan aksesibilitas masyarakat setempat," kata Irwan.
 
Pemerintah daerah senantiasa berkomitmen untuk mendukung upaya pembangunan infrastruktur yang berkelanjutan di Kabupaten Sigi.