PT Krakatau Sarana Properti rencanakan ekspansi bisnis di IKN

id krakatau sarana properti,ksp,Iip Arief Budiman

PT Krakatau Sarana Properti rencanakan ekspansi bisnis di IKN

Foto Arsip - Direktur PT Krakatau Sarana Properti (KSP) Iip Arief Budiman. ANTARA/HO-KSP

Jakarta (ANTARA) - PT Krakatau Sarana Properti (KSP), salah satu unit bisnis dari BUMN Krakatau Steel, berencana melakukan ekspansi bisnis ke Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan bisnis yang diincar adalah logistik.


"Kami tengah mengkaji peluang bisnis di IKN dan saat ini kami sudah menunjuk konsultan dari salah satu perguruan tinggi ternama melakukan kajian dan sudah hampir selesai," kata Direktur PT KSP Iip Arief Budiman dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Jumat.

Menurutnya, dari kajian itu akan terlihat peluang untuk investasi di area penunjang IKN, dan akan mengembangkan kawasan penunjang yang mendukung lalu lintas logistik di IKN. Ekspansi bisnis ini merupakan salah satu upaya dari perusahaan untuk mendapatkan pemasukan dari sektor bisnis baru di tahun ini.

Selain itu, PT KSP juga akan tetap menggenjot pemasukan dari sektor bisnis lainnya, yaitu penjualan Kawasan Industri Krakatau, lalu hotel, persewaan gudang, sport center dan perumahan.

“Saat ini kami tengah membangun empat unit gudang baru yang sudah dimulai sejak November 2023 yang tentunya akan menjadi revenue baru pada tahun ini. Sudah ada sejumlah calon tenan yang menanyakan availability dari gudang yang baru dibangun tersebut,” ujar Iip.

Rencananya, empat unit gudang baru tersebut sudah bisa dipakai pada Februari 2024. Selain membangun gudang baru, PT KSP juga berencana mengembangkan sektor perumahan dan juga pusat olahraga.

Dia juga optimis Kawasan Industri Krakatau masih sangat potensial dan strategis untuk menarik minat para investor baik lokal dan mancanegara karena mempunyai infrastruktur dan fasilitas penunjang yang terbilang sangat lengkap.

Terkait pelaksanaan pemilu pada bulan depan, ia berharap pesta demokrasi lima tahun sekali itu bisa berjalan lancar dan damai.

“Pemilu yang damai dan suasana yang kondusif dan stabil, tentu ujungnya berdampak pada investor baik lokal dan luar negeri. Karena itu, tentu kita berharap, siapa pun yang akan jadi pemenang pada pemilu nanti, semua prosesnya akan berjalan lancar dan juga damai. Dunia usaha sangat berharap pemilu akan memberikan dampak positif terhadap bisnis di Tanah Air,” katanya pula.

Terkait kinerja perusahaan, Iip mengatakan sepanjang 2023 cukup menggembirakan mengingat berdasarkan perhitungan manajemen, target yang ditetapkan pada Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) berhasil dicapai atas hasil kinerja semua unit bisnis di PT KSP yang positif tersebut layak mendapatkan nilai di atas 8.

“Untuk kinerja 2023 masih dalam proses final diaudit oleh akuntan publik. Alhamdulillah target tercapai, semoga setelah proses audit selesai tidak berubah banyak angkanya, jadi perhitungan kami dengan auditor tidak terlalu banyak perbedaannya,” ujarnya pula.