Tiga kecamatan di Banggai Laut terendam banjir

id BPBD Sulteng ,banjir banggai,banggai laut

Tiga kecamatan di Banggai Laut terendam banjir

Tangkapan Layar - Situasi rumah warga terendam banjir di Kabupaten Banggai Laut, Kamis (13/6/2024). (ANTARA/HO-BPBD Sulteng)

Palu (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menyebutkan tiga kecamatan terendam banjir di Kabupaten Banggai Laut akibat intensitas curah hujan tinggi.
 
"Dari laporan yang kami terima, tiga kecamatan yang terendam banjir yakni Kecamatan Banggai, Banggai Selatan, dan Banggai Tengah," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Sulteng Andy Sembiring di Kota Palu, Kamis.
 
Ia mengemukakan banjir merendam rumah warga pada empat desa di Kecamatan Banggai yaitu Desa Lompio, Lamboko, Kokini, dan Lampa. Sementara itu banjir terjadi di Desa Bentean, Kecamatan Banggai Selatan, dan Desa Monsongan di Banggai Tengah.
 
 
Andy menjelaskan peristiwa banjir terjadi pada Kamis sekitar pukul 05.00 WITA karena intensitas curah hujan yang tinggi sehingga debit air meningkat dan menggenangi permukiman warga dengan ketinggian mencapai 50-80 sentimeter.

Pihaknya juga masih berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Banggai Laut. Adapun Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD setempat, kata dia, saat ini masih berkoordinasi dengan aparat desa setempat dan melakukan asesmen di lapangan serta membantu warga di lokasi.
 
 
"Untuk saat ini berdasarkan laporan, 20 Kepala Keluarga (KK) terdampak di Desa Lamboko. Namun untuk yang lainnya masih dalam tahap pendataan oleh tim di lapangan. Kebutuhan mendesak juga masih dalam tahap pendataan," ujarnya.
 
Ia mengatakan sampai saat ini pihaknya belum menerima informasi adanya korban jiwa atau warga yang mengungsi karena bencana banjir.
 
Meski demikian, kata dia, hingga saat ini hujan masih mengguyur dengan intensitas sedang dan air masih menggenangi pemukiman warga.