Wapres: IKN akan jadi salah satu ibu kota terbaik dunia

id Wapres Ma'ruf Amin,IKN

Wapres: IKN akan jadi salah satu ibu kota terbaik dunia

Wapres Ma'ruf Amin dalam acara peletakan batu pertama Istana Wapres di IKN, Senin (12/8/2024). ANTARA/Rangga Pandu

IKN (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, akan menjadi salah satu ibu kota terbaik di dunia.

"Saya kira (akan menjadi) salah satu ibu kota terbaik di dunia," kata Wapres menceritakan pengalamannya bermalam di IKN, usai melakukan peletakan batu pertama pembangunan Istana Wakil Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin.

Dia mengatakan udara di IKN bersih, dengan bangunan-bangunan yang memenuhi standar internasional.

"Saya kira sudah sangat bagus sekali dan udaranya enak bersih bangunannya saya kira memenuhi standar internasional lah," kata Wapres.

Wapres mengatakan Istana Garuda di IKN juga megah dengan kontur tanah yang menurutnya baik. Dia menyebut IKN akan menjadi salah satu ibu kota terbaik di dunia.

Wapres juga sempat mengunjungi embung di IKN yang menurutnya sangat bagus. Dia menilai IKN akan menjadi masa depan bagi generasi yang akan datang.

"Kita harapkan memberikan rasa kebangsaan, percaya diri, bahwa kita sebagai bangsa bisa membangun Istana yang bisa melebihi Istana di luar negeri dan ini menjadi motivasi," kata Wapres.

Adapun dalam sambutannya di acara tersebut, Wapres mengatakan pembangunan IKN di Kalimantan Timur, merupakan simbol dari tekad bangsa untuk merajut keberagaman.

"IKN menjadi simbol dari tekad kita untuk merajut keberagaman dalam persatuan, dan memastikan bahwa setiap sudut Nusantara mendapat perhatian yang sama," ujar Wapres.