Sulteng komitmen penuhi kebutuhan ABK terhadap pendidikan

id Gubernur Sulteng,longki djanggola,abk,anak berkebutuhan khusus,slb porame,slb,pemkab sigi,bupati sigi ,sigi

Sulteng  komitmen penuhi kebutuhan ABK terhadap pendidikan

Gubernur Sulteng Longki Djanggola menggunting pita sebagai tanda meresmikan gedung SLB Desa Porame, Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi, Selasa. (ANTARA/HO-Biro Humas Setda Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) terus berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan anak berkebutuhan khusus (ABK) untuk mendapatkan akses pendidikan, sebagai bentuk keberpihakan pemerintah terhadap masa depan ABK.

"Jangan ada lagi anak berkebutuhan khusus yang terlantarkan apalagi terpasung hak-haknya," tegas Gubernur Sulteng Longki Djanggola saat menyampaikan sambutan pada peresmian Sekolah Luar Biasa (SLB) di Desa Porame, Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi, Selasa.

Gubernur Longki Djanggola menegaskan bahwa setiap anak berhak mendapatkan pelayanan termasuk mendapatkan akses pendidikan yang layak, dalam pengembangan dirinya.

Anak berkebutuhan khusus (ABK), sebut Gubernur, termasuk satu komponen yang wajib mendapatkan pelayanan yang baik dari pemerintah, dalam pemenuhak hak-hak di antaranya hak atas pendidikan.

"Siapapun dia berhak mendapat pendidikan dan ini yang mesti masyarakat pahami," kata gubernur.

Terkait dengan peresmian pembangunan SLB Porame, Kecamatan Kinovaro, gubernur meminta supaya sarana dan fasilitas yang disediakan dimanfaatkan dengan baik.

Hal itu agar pelayanan pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) berjalan sebagaimana mestinya.

Gubernur juga menekankan pentingnya sosialisasi dari aparat kecamatan/desa supaya masyarakat mengetahui keberadaan SLB Porame yang menerima peserta didik berkebutuhan khusus.

Terkait dengan itu, Kepala Bidang PK-PLK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulteng Minarni Nongtji menyampaikan kronologi pembangunan gedung SLB Porame, yang diawali penyediaan lahan oleh Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta.

Kemudian, kata Minarni, disusul permohonan pembangunan unit gedung  baru oleh gubernur ke pemerintah pusat dan akhirnya mendapat restu dari Direktorat Pembinaan PK-LK Kemendikbud tahun 2019 lalu.

SLB Porame lanjutnya memiliki daya tampung 170 orang siswa, tapi dari 24 ruangan kelas yang dibutuhkan baru 12 yang selesai dibangun.

"12 ruangan selanjutnya akan dibangun 2021," ungkap Minarni.

Sulteng kini memiliki 30 SLB yang tersebar di seluruh kabupaten/kota, atau meningkat 21 SLB, dari jumlah awal hanya 9 SLB pada 2011 silam.
Gubernur Sulteng Longki Djanggola menandatangani prasasti peresmian gedung SLB Desa Porame, Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi, Selasa. (ANTARA/HO-Biro Humas Setda Pemprov Sulteng)
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar