Pemkab Banggai apresiasi DSLNG berkontribusi sektor pajak

id pad,sulteng,banggai,dslng,Pajak

Pemkab Banggai apresiasi DSLNG berkontribusi sektor pajak

Bupati Banggai Amirudin Tamoreka saat menyerahkan penghargaan kepada External Relations Manager DSLNG, Ardya Yosy Rahardjo pada peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di Luwuk, Kamis (17/8). (Foto ANTARA/HO-Humas Banggai)

Palu (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah menyampaikan apresiasinya kepada PT Donggi-Senoro LNG (DSLNG), salah satunya berkontribusi pada sektor pajak dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Banggai. 

"Apresiasi itu, tidak hanya soal besaran kontribusi DSLNG terhadap PAD Kabupaten Banggai, tapi juga soal ketepatan pembayaran," kata Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Banggai, Damri Dayanun saat dihubungi di Banggai, Selasa.

Ia menjelaskan mengenai penghargaan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Banggai kepada DSLNG juga dipengaruhi oleh faktor-faktor penilaian itu.

"Jadi bukan hanya besarannya yang memberikan kontribusi terhadap PAD Kabupaten Banggai, namun ketepatan pembayaran juga menjadi ukuran," kata Damri Dayanun.

Dia menambahkan, atas kontribusi dari Pajak Air Tanah dan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) dari PT DSLNG sebesar Rp2,7 miliar per tahun. Pemkab Banggai akhirnya bisa menjalankan programnya sesuai jadwal yang telah ditentukan dalam APBD Kabupaten Banggai. 

Ia berharap, komitmen yang ditunjukkan DSLNG atas ketepatan waktu pembayaran pajak air tanah dan pajak penerangan jalan, bisa menjadi contoh baik bagi perusahaan lain yang beroperasi wilayah Kabupaten Banggai.

Sebelumnya, Pemkab Banggai telah memberikan penghargaan kepada PT Donggi-Senoro LNG (DSLNG) yang bergerak di bidang investasi LNG di sektor hilir migas di Desa Uso, Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, Sulteng, atas ketaatan dalam membayar Pajak Air Tanah dan Pajak Penerangan Jalan (PPJ) dengan rata-rata sebesar Rp2,7 miliar per tahun. 

Penghargaan diserahkan langsung oleh Bupati Banggai Amirudin Tamoreka kepada External Relations Manager DSLNG, Ardya Yosy Rahardjo pada peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di Luwuk, Kamis (17/8).

Besaran APBD Kabupaten Banggai tahun 2023 sebesar Rp2,3 triliun, dan PAD diproyeksi sebesar Rp264 miliar, dan saat ini sudah tercapai sekitar Rp250 miliar.