Nadal "comeback" ramaikan babak kualifikasi Brisbane International

id tenis,rafael nadal,brisbane international,australia open

Nadal "comeback" ramaikan babak kualifikasi Brisbane International

Petenis Spanyol Rafael Nadal menyapa para penonton saat akan meninggalkan lapangan seusai dikalahkan Borna Coric dalam Cincinnati Masters di Mason, Ohio, Amerika Serikat, Rabu (17/8/2022). (ANTARA/AFP/GETTY IMAGES/Matthew Stockman.)

Jakarta (ANTARA) - Rafael Nadal tidak akan langsung berhadapan dengan petenis unggulan saat kembali berkompetisi di babak kualifikasi turnamen Brisbane International.

Petenis berusia 37 tahun asal Spanyol itu selama 12 bulan terakhir tidak bermain tenis menyusul operasi yang ia jalani setelah Australia Open 2023 pada Januari.

Nadal, juara 22 kali Grand Slam itu, bahkan sempat diragukan bisa kembali tampil di tenis profesional menyusul cederanya tersebut.

Akan tetapi, dia bangkit dan mendapat wildcard untuk tampil di turnamen pembuka musim Brisbane International jelang Grand Slam pertama tahun ini di Melbourne Park, 14 Januari mendatang.

Meskipun Nadal belum berjumpa para petenis unggulan, banyak pemain berprestasi yang juga turun di kualifikasi Brisbane International, termasuk juara US Open 2020 Dominic Thiem dan mantan peringkat delapan dunia Diego Schwartzman.

Apabila Nadal lolos, dia akan berhadapan dengan unggulan kedelapan Asian Karatsev asal Rusia di babak kedua atau petenis wildcard Jason Kubler asal Australia, dikutip dari AFP, Sabtu.

Sedangkan petenis unggulan keempat Ugo Humbert berpotensi sebagai lawan Nadal di perempat final.

Andy Murray asal Inggris akan berjumpa dengan unggulan kedua Grigor Dimitrov asal Bulgaria di babak pertama.

Murray adalah juara dua kali Brisbane International dan pernah mengalahkan Dimitrov di final turnamen tersebut pada 2013.

Baca juga: Nadal tak berharap banyak saat kembali ke Australia

Di nomor tunggal putri, pemilik empat gelar juara Grand Slam Naomi Osaka akan menghadapi petenis peringkat 84 dunia Tamara Korpatsch asal Jerman di babak pertama saat bintang tenis Jepang itu kembali kompetitif setelah melahirkan putrinya Shia pada Juli.

Osaka juga sempat berkutat dengan kesehatan mental dan terakhir kali bermain tenis pada September 2022.

Apabila dia mampu melewati Korpatsch, Osaka akan dihadang oleh tiga kali juara Brisbane Karolina Pliskova di babak kedua.

Sedangkan petenis peringkat dua dunia Aryna Sabalenka menerima bye babak pertama.

Baca juga: Nadal diyakini akan tampil baik di Australia Open
Baca juga: Osaka targetkan lebih banyak gelar Grand Slam hingga Olimpiade Paris