Polres Sigi rutin pemeriksaan kesehatan personel pengamanan Pilkada

id Kabupaten Sigi ,Sulawesi Tengah ,Polres Sigi ,Operasi Mantap Praja Tinombala

Polres Sigi rutin pemeriksaan kesehatan personel pengamanan Pilkada

Personel Subsatgas Yankes Polres Sigi melakukan pemeriksaan kesehatan rutin anggota yang bertugas dalam Operasi Mantap Praja Tinombala 2024 di Kantor KPU Kabupaten Sigi, Selasa (3/9/2024). ANTARA/MOH SALAM

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Sigi Polda Sulawesi Tengah melalui Subsatgas Pelayanan Kesehatan (Yankes) secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan kepada setiap personel pengamanan yang tergabung dalam Operasi Mantap Praja Tinombala pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.
 


Kapolres Sigi AKBP Reja A Simanjuntak di Maku, Selasa, mengatakan personel gabungan baik dari Polri dan TNI yang bertugas di Operasi Mantap Praja Tinombala 2024 rutin dilakukan pemeriksaan kesehatannya. 


 


"Tentunya sebelum penempatan personel di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS), Polres Sigi akan melakukan tes kesehatan terlebih dahulu terhadap seluruh personel yang masuk dalam Operasi Mantap Praja Tinombala tersebut," kata Reja A Simanjuntak. 


 


Ia mengemukakan nantinya sebelum penempatan personel untuk pengamanan di masing-masing TPS akan dibagi berdasarkan kondisi kesehatan dan faktor usia.


 


"Saya sudah tekankan kepada Kabag Ops untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) jauh dan sulit itu menempatkan personel yang masih muda dan kesehatan baik, sementara untuk personel yang sudah sedikit terganggu kesehatannya dan usia tua maka akan kami tempatkan di TPS terdekat," ucapnya. 


 


Kata dia, pihaknya melalui Subsatgas Yankes Polres Sigi rutin memeriksa kesehatan personel yang bertugas pengamanan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan kantor Bawaslu Sigi.


 


"Setiap hari Subsatgas Yankes melaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan personel yang masuk Operasi Mantap Praja Tinombala 2024," sebutnya.


 


Menurutnya saat ini personel yang masuk dalam OMP Tinombala 2024 masih ditempatkan di Kantor KPU dan Bawaslu Kabupaten Sigi. 


 


"Penugasan personel di TPS mempertimbangkan kondisi fisik personel jadi diutamakan yang muda-muda," ujarnya.


 


Diketahui untuk pengamanan pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2024 di daerah itu melibatkan 403 personel Polres Sigi dan dibantu 60 anggota TNI selama 125 hari dimulai tanggal 24 Agustus sampai dengan Desember 2024 mendatang.


 


Ia menjelaskan pengamanan Pilkada di Kabupaten Sigi meliputi penjagaan Kantor KPU, Bawaslu dan pengawal pribadi (Walpri) bagi setiap pasangan calon kepala daerah serta setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing wilayah.


 


"Jumlah TPS di Sigi pada Pilkada Serentak 2024 untuk sementara sebanyak 471 tempat pemungutan suara yang dibagi berdasarkan tingkat kerawanannya, yaitu TPS kurang rawan 410 tempat, TPS rawan 53, TPS sangat rawan 1 tempat dan TPS Khusus 1 di Lapas Perempuan serta 5 lainnya masuk pasca penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS), yang tersebar di 15 kecamatan dan 176 desa di Kabupaten Sigi," katanya.