Pemkab-Buol libatkan WHO untuk evaluasi capaian imunisasi polio

id Kabupaten Buol ,Sulawesi Tengah ,World Health Organization ,Imunisasi Polio

Pemkab-Buol libatkan WHO untuk evaluasi capaian imunisasi polio

Tim konsultan World Health Organization (WHO) didampingi Pemkab Buol saat menuju titik lokasi evaluasi program Pekan Imunisasi Nasional Polio di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah. ANTARA/HO-DISKOMINFO BUOL

Buol (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buol, Sulawesi Tengah, melibatkan World Health Organization (WHO) untuk mengevaluasi program Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di daerah itu pada 2024.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Buol Suondo D. Sanua di Buol, Jumat, mengatakan pihaknya senantiasa berupaya memperkuat pencegahan penyakit polio tersebut.
 
"Partisipasi aktif masyarakat menjadi kunci keberhasilan program imunisasi polio di Kabupaten Buol," kata Suondo.
 
Ia mengemukakan, sejumlah desa di Kabupaten Buol dikunjungi oleh tim konsultan World Health Organization (WHO) dipimpin oleh Palamandadige Harsha Suranga Fernando.
 
"Hasil peninjauan WHO ke beberapa desa di Kabupaten Buol itu bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program imunisasi polio," ucapnya.
 
Menurutnya, program PIN Polio tersebut berjalan dengan baik dan mendapat dukungan dari masyarakat setempat.
 
"Hasil peninjauan menunjukkan bahwa program ini berjalan dengan baik dan mendapat dukungan penuh dari masyarakat serta Kolaborasi yang baik antara pemerintah, tenaga kesehatan, dan masyarakat menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan program ini," sebutnya.
 
Ia berharap, seluruh tenaga kesehatan di daerah itu dapat terus berupaya meningkatkan kesehatan masyarakat setempat.
 
Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Buol Arianto Panambang menjelaskan agar setiap puskesmas di daerah itu dapat memaksimalkan dalam mengajak masyarakat untuk imunisasi polio tersebut.
 
Puskemas Bokat menjadi komando untuk mengarahkan tim WHO menuju lokasi khusus untuk melihat secara langsung capaian imunisasi polio.
 
"Kunjungan dari WHO adalah berkah sendiri buat daerah ini, tentunya ini untuk memastikan program pekan imunisasi nasional polio di Kabupaten Buol berjalan secara merata di daerah tersebut, " ujarnya.
 
Desa yang dikunjungi tim WHO untuk menjadi lokus evaluasi PIN Polio yaitu Desa Poongan, Tayadun, Bongo, Doulan, Kantanan dan Desa Negerilama.
 
Untuk realisasi layanan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio di Kabupaten Buol sudah mencapai 90 persen dari target pelaksanaan imunisasi polio sebanyak 24.261 anak.
 
Imunisasi Polio di Kabupaten Buol sudah menyasar 21.443 anak sehingga tersisa 2.818 anak yang belum di-imunisasi.
 
Untuk cakupan dosis pertama vaksin polio telah mencapai 97 persen dan dosis kedua baru mencapai 61 persen.