Pasangan Rahmad-Rasyid beri pelatihan vokasional untuk IRT di Banawa

id Donggala,vokasional,ekonomi

Pasangan Rahmad-Rasyid beri pelatihan vokasional untuk IRT di Banawa

Sejumalh ibu rumah tangga di Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah memberikan pelatihan vokasional, Senin (7/10/2024). ANTARA/HO- (Tim Sarara)

Donggala (ANTARA) - Pasangan calon bupati dan wakil bupati Donggala Rahmad Arsyad - Abdul Rasyid memberikan pelatihan vokasional kepada sejumlah ibu rumah tangga (IRT) di Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala, Senin.



"Pelatihan diberikan untuk meningkatkan kompetensi para IRT untuk bisa mengembangkan ekonomi rumah tangga, khususnya masyarakat Donggala," jelas calon bupati Donggala, Rahmad.



Dia mengatakan program vokasional untuk IRT dan pengembangan ekonomi kreatif merupakan salah satu program yang di dorong pasangan nomor urut satu.



"Daripada kampanye sibuk jual janji, kita beri bukti pelatihan vokasional para ibu buat kue, biar langsung bisa usaha jual kue dan makanan", katanya.



Pasangan Rahmad Arsyad dan Abdul Rasyid mengatakan, peran para IRT sangat penting dalam membangun ketahanan ekonomi masyarakat yang dimulai dari tingkat keluarga.



Sementara itu Calon Wakil Bupati Donggala, Abdul Rasyid menambahkan, perempuan dalam rumah tangga di upayakan bukan saja mengurus dapur, namun juga di dorong untuk memiliki akses terhadap pengambilan keputusan dan rencana keluarga juga akses terhadap keuangan.



"Mewujudkan Donggala yang sejahtera untuk semua juga kami upayakan dalam kesetaraan gender, baik pria atau wanita dan para anak muda punya ruang yang dapat kita ciptakan untuk mengembangkan potensinya", kata Rasyid.