Rakyat Jerman Takkan Lupakan Kekejaman NAZI

id Jerman, NAZI, Merkel, kejam

 Rakyat Jerman Takkan Lupakan Kekejaman NAZI

(reuters)

Berlin (antarasulteng.com) - Rakyat Jerman memikul "tanggung jawab abadi" untuk tidak melupakan kejahatan era-Nazi dan mencegah terulangnya "bab gelap" kejahatan yang dilakukan Nazi, kata Kanselir Jerman Angela Merkel, Sabtu (26/1).
        
Di posting jejaring pribadinya 80 tahun setelah Adolf Hitler berkuasa, Merkel mengatakan, "Tanggung jawab harus dibuat jelas dari satu generasi ke generasi lain."
   
Pernyataannya dikeluarkan beberapa hari sebelum peringatan pembebasan kamp konsentrasi Nazi, Auschwitch, pada 1945.
        
"Kami tak melupakan bab gelap sejarah, dan kami selalu mengingatnya, untuk membuat kami kebal, sehingga negara kami takkan pernah mengulanginya lagi," kata Merkel sebagaimana dilaporkan Xinhua --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Ahad pagi.
        
Ia juga menyeru semua orang Jerman agar memastikan bahwa rasisme dan anti-Semitisme tak lagi memiliki tempat di negeri tersebut.
        
"Kami harus dengan jelas mengatakan, generasi demi generasi, dengan keberanian, keberanian warga sipil untuk bangkit membela kepercayaan setiap orang, sebab masing-masing orang dapat memastikan bahwa tak ada lagi rasisme dan anti-Semistisme," tambah Merkel. (Ant/Xinhua)