Perayaan Imlek Dipusatkan di Vihara Karuna Dipa

id imlek, china, tahun, palu, klenteng

Perayaan Imlek Dipusatkan di Vihara Karuna Dipa

Seorang pengurus menata peralatan persembahyangan di Klenteng Maga Budhi di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (5/2). (FOTO ANTARA/Basri Marzuki)

Palu (antarasulteng.com) - Konsentrasi rangkaian kegiatan perayaan Imlek 2013 dipusatkan di Vihara Karuna Dipa terletak di Kelurahan Nunu Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Wijaya Chandra, seorang pengurus Yayasan Karuna Dipa Palu, Rabu mengatakan untuk prosesi kebaktian dan juga pertunjukan tarian khas China dipusatkan di Vihara pada Minggu (10/2).

Wijaya mengingatkan warga untuk mengikuti seluruh kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menyambut dan merayakan Imlek tahun ini.

Semua kegiatan yang telah dan akan dilakukan sama seperti pada perayaan Imlek tahun-tahun sebelumnya.

"Kita hanya melakukan kegiatan sosial seperti kunjungan ke panti-panti asuhan dan membagikan sejumlah paket kebutuhan sehari-hari kepada masyarakat di sekitar Vihara.

Kegiatan tersebut sudah dilakukan sepekan sebelumnya dan warga sekarang ini tinggal mempersiapkan diri untuk mengikuti prosesi kebaktian Imlek pada 10 Februari 2013 yang dipusatkan di Vihara Karuna Dipa Palu.

Saat ini, lanjut Wijaya para pengurus Vihara sedang melakukan pembenahan dan membersihkan seluruh parabot dan juga pernak-pernik yang ada di Vihara.

Usai prosesi kebaktian dilanjutkan dengan pertunjukan tarian barongsai di halaman Vihara. "Pertunjukan ini setiap kali perayaan Imlek dilakukan guna menghibur warga dan para pengunjung," katanya.

Tarian ini juga sekaligus untuk tetap melestarikan kesenian dan kebudayaan Tionghoa di Kota Palu, Ibu Kota Provinsi Sulteng.