Kedubes R gelar Forum Bisnis untuk perkuat hubungan diplomatik di Oman

id Kedubes RI Oman, Hubungan Diplomatik, Forum Bisnis

Kedubes R gelar Forum Bisnis untuk perkuat hubungan diplomatik di Oman

Tangkapan layar- Duta Besar RI untuk Oman H.E. Mohamad Irzan Djohan dalam Indonesia-Oman Virtual Business Forum yang diselenggarakan sebagai bagian dari perayaan 43 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Oman, Kamis (17/6/2021). (ANTARA/Katriana)

Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Oman menggelar Forum Bisnis Virtual Indonesia - Oman untuk membuka lebih banyak peluang kerja sama di berbagai sektor sekaligus memperkuat 43 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

"Meski digelar secara virtual, saya yakin hal ini tidak akan mengurangi semangat kita untuk mempromosikan dan memperkuat kerja sama ekonomi dan bisnis antara kedua negara," kata Duta Besar RI untuk Oman H.E. Mohamad Irzan Djohan dalam Indonesia-Oman Virtual Business Forum yang diselenggarakan sebagai bagian dari perayaan 43 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Oman, Kamis.

Djohan mengatakan bahwa selama 43 tahun, Indonesia dan Oman telah menjalin banyak sekali kerja sama di berbagai sektor. Meski demikian, ia menilai masih ada banyak ruang yang masih bisa dikembangkan dalam hubungan kerja sama tersebut.

Bagi Indonesia sendiri, Oman merupakan mitra kerja sama ekonomi yang sangat penting di antara negara-negara kawasan Teluk dan Timur Tengah.

"Bukan hanya kedua negara memiliki kesamaan posisi dalam berbagai isu internasional. Oman juga merupakan pasar potensial dan mitra kerja sama pariwisata dan investasi (bagi Indonesia)," kata dia.

Demikian halnya, Djohan juga percaya bahwa Oman juga melihat Indonesia sebagai mitra kerja sama yang potensial, di tengah upaya negara itu untuk meningkatkan diversifikasi ekonomi sesuai dengan visi Oman untuk 2040.

Meski pandemi COVID-19 dalam dua tahun terakhir telah menurunkan transaksi perdagangan dan kerja sama kedua negara di berbagai bidang, Djohan percaya bahwa forum bisnis tersebut menjadi bukti semangat dan kesiapan kedua pihak untuk terlibat dalam kerja sama yang jauh lebih besar di masa mendatang.

Ia juga menyambut rencana penandatanganan Air Traffic Agreement antara Indonesia dan Oman yang akan dilangsungkan pada Juli 2021, selain Kemitraan Ekonomi Komprehensif yang diharapkan akan membuka peluang kerja sama lebih besar antara kedua negara.

"Untuk itu, kami mengharapkan dukungan Oman terhadap rencana kerja sama tersebut," kata Djohan.

Sementara itu, Duta Besar Oman untuk Indonesia H.H Syahid Nazar Bin Al Julanda Al Said juga menyambut baik rencana kerja sama dan hubungan diplomatik yang lebih kuat di antara kedua negara di masa depan.

Dalam upaya memperkuat kemitraan, ia melihat sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang dapat berkembang lebih pesat dan mampu meningkatkan hubungan ekonomi kedua negara lebih baik lagi, selain kerja sama di sektor energi yang telah berlangsung lama.

Oleh karena itu, ia berharap forum bisnis tersebut bisa menjadi wadah bagi kedua pihak untuk menggali lebih banyak lagi potensi kerja sama yang dapat dikembangkan dari sektor tersebut.

"Saya berharap akan ada lebih banyak lagi warga Oman yang datang mengunjungi keindahan lokasi wisata di Indonesia. Demikian sebaliknya," katanya.
 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar