Presiden dijadwalkan hadir pada Peringatan Hari konstitusi

id MPR RI, wakil ketua MPR RI, ketua MPR RI, bambang susatyo,bamsoet, hari konstitusi, presiden jokowi

Presiden dijadwalkan hadir pada Peringatan Hari konstitusi

Ketua MPR Bambang Soesatyo (kedua kanan) didampingi Wakil Ketua MPR Yandri Susanto (kanan), Ahmad Basarah (kiri), Fadel Muhammad (kedua kiri) memberikan keterangan pers terkait persiapan Sidang Tahunan MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/8/2022). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan Presiden Joko Widodo dijadwalkan hadir pada Peringatan Hari Konstitusi, Jumat (18/8).

"Peringatan Hari konstitusi dan HUT Ke-78 MPR Republik Indonesia rencananya akan dihadiri Presiden Republik Indonesia," katanya saat jumpa pers Pimpinan MPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin.

Bamsoet menjelaskan Peringatan Hari Konstitusi dilaksanakan di Gedung Nusantara IV dengan Tema "Pemilu 2004 Mewujudkan Demokrasi Konstitusional yang Mempererat Persatuan Bangsa".

Agenda acara penayangan video sejarah MPR RI, kegiatan MPR RI, sambutan Ketua MPR RI, testimoni generasi Z, dan sambutan Presiden Republik Indonesia.

Kegiatan diakhiri penampilan Wonderland Indonesia oleh komposer muda Alffy Rev dengan medley lagu-lagu daerah dan lagu nasional yang diaransemen dengan sentuhan musik elektronik.

Bamsoet menegaskan Peringatan Hari Konstitusi pada tanggal 18 Agustus 2023 merupakan rangkaian kesejarahan yang tidak terpisahkan dengan hari lahir Pancasila, tanggal 1 Juni, dan hari Kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus.

"Tanggal 18 Agustus adalah momentum yuridis konstitusional atas kelahiran Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di tanggal yang sama, Bung Karno dan Bung Hatta dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia yang pertama," jelas Bamsoet.