Polisi utamakan pencegahan jaga stabilitas kamtibmas di Kabupaten Sigi

id Polres Sigi ,Kabupaten Sigi ,Sulawesi Tengah ,Operasi ketupat Tinombala ,Kompol Kiky Khristina

Polisi utamakan pencegahan jaga stabilitas kamtibmas di Kabupaten Sigi

Wakapolres Sigi Kompol Kiky Khristina (kiri) memimpin latihan pra operasi Ketupat Tinombala 2024 didampingi Kabag Ops Polres sigi AKP Ahmad Bagus Harun (kanan). (ANTARA/HO-HUMAS Polres Sigi)

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Sigi Sulawesi Tengah (Sulteng) mengutamakan tindakan pencegahan (preemtif) dan memberikan imbauan serta melakukan sosialisasi kepada masyarakat (preventif) untuk mewujudkan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di kabupaten itu menjelang Hari Raya Idul Fitri 2024.
 
"Kegiatan pra operasi Ketupat Tinombala 2024 merupakan salah satu tahapan proses manajerial yang harus dilaksanakan dalam rangka menyamakan pola pikir dan cara bertindak masing-masing personel saat pengamanan Hari Raya Idul Fitri mendatang, " kata Wakapolres Sigi Kompol Kiky Khristina di Sigi, Selasa.
 
Dia mengemukakan tujuan lain adalah meningkatkan kemampuan dan keterampilan dari semua personel yang nantinya bertugas selama operasi itu.

"Harapannya setiap personel yang bertugas dapat mengerti dan memahami apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya dalam penugasan di lapangan nanti, sehingga operasi ketupat Tinombala khususnya di Kabupaten Sigi sesuai rencana yang sudah disusun dan dibuat," ucapnya.
 
Kompol Kiky menambahkan, setiap personel yang masuk dalam operasi ketupat Tinombala 2024 menerima materi dari masing-masing Kasatgas yakni Satgas Preventif, Kamseltibcar Lantas, Gakkum, Humas dan Satgas Ban Operasi.
 
"Operasi Ketupat Tinombala dilaksanakan selama 13 hari mulai tanggal 4 sampai 16 April 2024 dengan melibatkan personel TNI-POLRI, Pemerintah Kabupaten Sigi yakni Damkar dan Satpol PP Sigi, Senkom, Kesbangpol, Dinas Kesehatan, dan Dinas Perhubungan Sigi," ujar Kompol Kiky.
 
Berdasarkan data Polres Sigi, pihaknya akan mendirikan enam pos pengamanan dan satu pos pelayanan dengan jumlah personel Polres Sigi sebanyak 93 orang.
 
"Pos pelayanan akan didirikan di Desa Kalukubula yang nantinya memberikan layanan kepada masyarakat selama arus mudik dan arus balik nantinya, serta kendaraan patroli, Damkar, ambulans, peralatan dan perlengkapan lainnya juga akan disiapkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat selama operasi ketupat," tutur Wakapolres Sigi.