Bawaslu Donggala tingkatkan SDM Panwascam kelola dana hibah Pilkada

id Bawaslu Donggala ,Kabupaten Donggala ,Sulawesi Tengah ,Dana hibah,Pilkada

Bawaslu Donggala tingkatkan SDM Panwascam kelola dana hibah Pilkada

Ketua Bawaslu Donggala Abdul Salim saat mengikuti peningkatan SDM jajaran Sekretariat Panwascam di Kabupaten Donggala terkait pengelolaan dana hibah untuk pilkada serentak 2024. ANTARA/HO Bawaslu Donggala

Donggala, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah meningkatkan sumber daya manusia (SDM) terhadap seluruh jajaran sekretariat Panitia pengawas kecamatan (Panwascam) di daerah itu untuk mewujudkan tertib administrasi dalam pengelolaan dana hibah pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.
 


Koordinator Sekretariat Bawaslu Donggala Junaedy di Palu, Senin, mengatakan peningkatan SDM agar seluruh jajaran sekretariat Panwascam di 16 Kecamatan Kabupaten Donggala memahami aspek sinkronisasi pengelolaan keuangan jajaran badan ad hoc berdasarkan prosedur, mekanisme dan tata cara.


 


"Pentingnya teman-teman sekretariat di Panwascam memahami tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dan tanggung jawab sebagai supporting system dalam pengelolaan administrasi keuangan dana hibah," kata Junaedy. 


 


Ia mengemukakan peningkatan sumber daya manusia di jajaran sekretariat Panwascam di daerah itu sebagai bentuk penguatan dan pemahaman bersama.


 


"Penataan administrasi keuangan sangat penting dipahami dalam menyusun pengelolaan setiap kegiatan, juga dokumen laporan baik dalam bentuk manual maupun digital sehingga dapat terlaksana dengan baik sesuai ketentuan," ucapnya. 


 


Kata dia, jajaran sekretariat Panwascam harus mempersiapkan diri termasuk tenaga, fisik serta mental dalam melaksanakan tugas sebagai supporting system dalam menghadapi pilkada serentak di Kabupaten Donggala mendatang.


 


Menurutnya agar setiap sekretariat Panwascam dapat tertib administrasi keuangan pada pelaksanaan Pilkada 2024 di Donggala. 


 


"Jadi serangkaian kegiatan itu untuk menata segala sesuatu yang berupa penyusunan dan penentuan anggaran, teknis pemakaian, sistem pembukuan, serta pertanggungjawaban atas pembiayaan untuk mencapai suatu tujuan, sehingga menjamin penggunaan biaya yang tersedia lebih efisien, ekonomis dan efektif," ujarnya.


 


Diketahui kegiatan peningkatan SDM itu dibuka langsung oleh ketua Bawaslu Donggala Abdul Salim dengan dihadiri seluruh sekretariat Panwascam se-Kabupaten Donggala. 


 


Jumlah dana hibah untuk Bawaslu Donggala dari pemerintah daerah sebanyak Rp18 miliar guna penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2024.