Kolonodale meriah jelang pembukaan STQ XXV Sulteng

id STQ,Kolonodale

Kolonodale meriah jelang pembukaan STQ XXV Sulteng

Suasana meriah di pelataran kantor Bupati Morut jelang pembukaan STQ XXV di Kolonodale, jumat malam (Antaranews Sulteng/Humas Pemda Morut)

Kolonodale (ANTARA) - Kota Kolonodale, ibu kota Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, tampak meriah menjelang pembukaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XXV Tingkat Provinsi Sulteng yang akan dilakukan Sekda Provinsi Sulteng Drs Moh. Hidayat, MSi pada Sabtu (9/3) malam.

Suasana di pelataran Kantor Bupati Morut yang akan menjadi tempat penyelenggaraan lomba serta pameran produk-produk pembangunan (expo) tampak bertabur cahaya dan menarik ratusan warga kota untuk datang ke tempat ini, Jumat (8/3) malam. 

Kota Kolonodale juga tampak lebih bersih dan di berbagai sudut kota banyak spanduk-spanduk ucapan selamat yang disampaikan warga Morowali Utara kepada para kontingen yang akan berlomba dalam STQ ini.

Sekdaprov Sulteng Moh Hidayat yang akan mewaliki gubernur membuka STQ ini sudah tiba di Kolonodale, Jumat siang.

Ia disambut dengan upacara adat Mori dalam penyambutan tamu-tamu agung. Setibanya di pelataran rumah jabatan bupati, Sekdaprov dikenakan pakaian adat kebesaran mori, menerima ayam jantan putih serta mencicipi saguer manis yang disajikan dalam gelar yang tebruat dari bambu.

Bupati Morowali Utara Aptripel Tumimomor di sela santap malam bersama Sekdaprov Sulteng mengatakan bahwa seluruh persiapan STQ sudah mantap, sementara kontingen sudah mulai berdatangan ke Kolonodale.

"Mudah-mudahan malam ini seluruh kontingen sudah tiba. Kami juga menyiapkan penginapan di rumah-rumah penduduk, karena hotel dan penginapan tidak memadai untuk menampung sekitar 1.000 orang tamu selama STQ ini berlangsung," ujarnya.

Morowali Utara sendiri, kata Ipe, panggilan akrab Aptripel Tumimomor bertekad mencapai sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi dalam STQ ini.