Rumah Sakit Palu Rawat Banyak Pasien DBD

id dbd

Rumah Sakit Palu Rawat Banyak Pasien DBD

Ilustrasi (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Rumah sakit pemerintah dan swasta di Kota Palu saat ini banyak merawat pasien yang menderita penyakit deman berdarah dengue (DBD).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu Emma Sukmawati di Palu, Minggu, membenarkan dalam beberapa bulan terakhir ini terjadi peningkatan jumlah pasien DBD yang dirawat di rumah sakit.

Selain penyakit DBD, katanya, juda banyak penderita diare.

Ia mengaku bahwa kedua penyakit itu merupakan penyakit yang banyak diderita masyarakat di ibu kota Provinsi Sulteng itu, namun yang paling banyak penderita DBD.

Mengingat jumlah penderita DBD cenderung meningkat akhir-akhir ini, Sukmawati mengimbau masyarakat untuk lebih mewaspadainya.

Ia mengatakan apabila ada anggota keluarga yang demam tingi lebih baik segera dibawa berobat ke dokter praktek, puskesmas, atau langsung dilarikan ke rumah sakit.

Apalagi, jika panasnya sudah tiga hari tidak turun, kemungkinan yang bersangkutan terinveksi virus nyamuk aedes aegypti.

Ciri-ciri seseorang menderita DBD antara lain suhu badan meningkat, pusing, sakit kepala dan mual.

Ia juga mengimbau warga untuk memperhatikan kebersihan lingkungan, terutama saluran air yang menjadi tempat bertelur, dan berkembangbiaknya nyamuk aedes aegypti.

Jangan sampai ada air tergenang, karena di situlah biasanya nyamuk aedes aegypti bertelur dan berkembangbiak.

Usahakan agar saluran air tetap bersih dan air mengalir dengan lancar.

Hingga kini belum diketahui jumlah kasus DBD di Palu.

Sementara Ny Maria, salah seorang ibu rumah tangga di Palu mengatakan Arnol, putra keduanya, sudah beberapa hari ini menjalani perawatan di Rumah Sakit Bala Keselamatan (BK) Palu.

Hasil pemeriksaan di laboratorium, anaknya positif menderita DBD.

Di rumah sakit itu ada banyak pasien DBD. (skd)