Polda tingkatkan kemampuan komunikasi digital bagi humas hadapi Pemilu 2023

id Polda Sulteng ,Pelatihan kehumasan ,Kemampuan komunikasi dan interaksi digital ,Humas

Polda tingkatkan kemampuan komunikasi digital bagi humas hadapi Pemilu 2023

Polda Sulteng menggelar pelatihan fungsi humas sebagai upaya peningkatan kemampuan komunikasi dan interaksi digital pengemban fungsi humas di Mapolda Sulteng, Kota Palu, Rabu (13/9/2023). (ANTARA/HO-Humas Polda Sulteng)

Palu (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah meningkatkan kemampuan komunikasi dan interaksi digital personel kepolisian bagian hubungan masyarakat (humas) dalam rangka menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.
 
"Pelatihan fungsi humas dengan mengusung tema 'Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Interaksi Digital” ini diberikan dalam rangka mensukseskan Pemilu 2024, serta menjadi fokus utama dalam pelatihan tersebut," kata Kabidhumas Polda Sulteng Kombes Pol. Djoko Wienartono di Palu, Rabu.
 
Ia menyampaikan bahwa peran humas dalam mengawal dan mengamankan tahapan pemilu sangatlah penting terutama dalam memberikan informasi yang akurat, transparan dan mendukung proses demokrasi yang berjalan lancar.
 
Oleh karena itu, kata dia, pelaksana fungsi humas perlu dibekali pengetahuan dan keterampilan kehumasan digital dikarenakan humas memiliki peran sebagai cooling system atau sistem pendingin dalam pengamanan Pemilu serentak tahun 2024.
 
Dia menjelaskan bahwa berdasarkan pengamanan Pemilu 2019, menunjukkan komunikasi dan interaksi digital masyarakat banyak ditemukan di media sosial, adanya penyebaran berita bohong (hoaks), ujaran kebencian, black campaign, intoleransi dan lainnya.
 
"Sehingga pengemban fungsi humas harus mampu mengimbangi hal tersebut dalam berkomunikasi dan berinteraksi di media digital untuk menjalankan strategi cooling system itu," kata dia.
 
Ia juga meminta masyarakat Sulawesi Tengah untuk bijak dalam menggunakan media sosial, tidak mudah percaya dengan informasi yang belum tentu kebenarannya, serta membiasakan mengecek kebenaran informasi sebelum dibagikan.

Pelatihan tersebut diikuti oleh pelaksana fungsi humas Polda Sulteng maupun Polres jajaran secara virtual.