Perusahaan Belanda siap menanamkan modal di Indonesia

id belanda

Pemimpin/CEO AV Group, Jan M. Valkier kepada Dubes RI Den Haag, I Gusti Agung Wesaka Puja yang berkunjung ke perusahaan Anthony Veder (AV) Group di Rotterdam, demikian Atase Perhubungan KBRI Den Haag, I Made Suartika kepada Antara London, Sabtu. (Foto Antara/ist)

London,(Antaranews Sulteng) - Perusahaan  transportasi Belanda, Anthony Veder Group (AV Group)  menyampaikan keinginannya  untuk menanamkan modalnya di Indonesia, khususnya di bidang logistik dan pengangkutan gas alam.  

Hal itu disampaikan Pemimpin/CEO AV Group, Jan M. Valkier kepada Dubes RI Den Haag, I Gusti Agung Wesaka Puja yang berkunjung ke perusahaan Anthony Veder (AV) Group di Rotterdam, demikian Atase Perhubungan KBRI Den Haag, I Made Suartika kepada Antara London, Sabtu.

Dalam kunjungannya itu, Dubes didampingi  Minister Counsellor Protokol dan Konsuler, Counsellor Ekonomi dan Atase Perhubungan, 

AV Group tertarik untuk menjalin kerja sama dengan pihak Indonesia dalam mengembangkan angkutan dan penggunaan gas alam di Indonesia.

AV Group yang berdiri sejak tahun 1937, merupakan perusahaan pelayaran Belanda yang bergerak di bidang pengangkutan gas dan petrokimia seperti LNG, LPG, Co2, ethylene, dan Propylene.
        
Dalam kesempatan tersebut, CEO AV Group, Jan M. Valkier menyampaikan terima kasih dan penghargaannya atas kunjungan Dubes dan memaparkan profil perusahaannya yang merupakan operator tanker gas pertama dan terbesar di Belanda.     

Beroperasi hampir di seluruh dunia, AV Group memperkerjakan 1000 orang tenaga kerja terampil dari 15 negara yang berbeda termasuk Indonesia, mengangkut 1,5 juta ton gas per tahun, dalam 10 tahun terakhir jumlah kapal/armada meningkat dua kali lipat dengan jumlah 30 kapal saat ini.      

Perusahaan ini juga memiliki perputaran kru kapal lebih dari 3500 orang dengan tingkat ketepatan waktu pengiriman barang lebih dari 98 persen, dalam 10 tahun terakhir perusahaan meraup keuntungan dan 10 persen keuntungan tersebut dipergunakan untuk pengembangan usaha dan inovasi.

Selama lebih dari 25 tahun telah memperkerjakan pelaut Indonesia baik pada jenjang/level ratings sampai perwira, termasuk kadet dari Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta yang melakukan praktik kerja/magang. AV Group bekerja sama dengan PT. Equinox Bahari Utama Jakarta  merekrut pelaut Indonesia. Saat ini AV mempekerjakan 416 pelaut Indonesia yang terdiri atas 111 perwira, 286 ratings dan 19 kadet.

Dari jumlah tersebut terdapat dua kapten, sembilan mualim 1, 10 msinis 1 dan 12 masinis 2.

Sebagai salah satu negara penghasil gas alam terbesar di dunia, Indonesia merupakan pasar yang potensial bagi AV Group sehingga pihak AV Group menyampaikan keinginan  menanamkan modalnya di Indonesia, khususnya di bidang logistik dan angkutan gas alam.  AV Group tertarik untuk menjalin kerja sama dengan pihak Indonesia untuk mengembangkan transportasi dan penggunaan gas alam di Indonesia.

Dubes I Gusti Agung Wesaka Puja  menyampaikan pujian pemerintah Indonesia kepada Anthony Veder atas kepercayaannya yang lebih dari 25 tahun memperkerjakan pelaut Indonesia di semua tingkatan. Diharapkan akan semakin banyak pelaut Indonesia yang
dipekerjakan AV Group mengingat Indonesia memiliki lebih dari 10 sekolah pelaut di bawah binaan pemerintah yang setiap tahun meluluskan sekitar 9.000 pelaut handal dan berkualitas
Sementara untuk pengembangan kerja sama dan investasi di bidang logistik dan angkutan gas alam dan petrokmia lainnya di Indonesia, Dubes RI Den Haag  menyampaikan  KBRI Den Haag siap memfasilitasi AV Group untuk berkomunikasi dengan mitra terkait di Indonesia.

Pada kesempatan itu Dubes menyerahkan Akte Perusahaan Anthony Veder yang dilegalisasi KBRI Den Haag sebagai dokumen kelengkapan kerjasama antara AV Group dengan PT. Equinox Bahari Utama Jakarta.
Pewarta :
Editor: Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar