Toilet Dufan Ancol Raih 'Sapta Pesona Award'

id toilet ancol terbersih

Toilet Dufan Ancol Raih 'Sapta Pesona Award'

Gerakan Toilet Bersih di Yogyakarta (ANTARANews)

Naning S.A. Adiwoso, mengatakan, sistem penilaian pengelolaan toilet mengacu pada standar yang berlaku internasional.
Jakarta - Toilet umum di taman rekreasi Dunia Fantasi Ancol, Jakarta, meraih penghargaan Sapta Pesona bersama dengan sejumlah toilet umum di taman rekreasi buatan yang lain.

"Toilet umum di Dufan Ancol menjadi juara umum dalam Lomba Toilet Umum Bersih Taman Rekreasi Buatan 2012," kata Ketua Dewan Juri Lomba Toilet Umum Bersih Taman Rekreasi Buatan 2012 Naning S.A. Adiwoso di Jakarta, Kamis.

Untuk kategori toilet yang dikelola swasta peringkat satu diberikan kepada Dufan Ancol Jakarta, peringkat kedua Trans Studio Makassar, peringkat ketika Mikkie Funland Brastagi Sumut, Harapan Satu Sea World Indonesia Jakarta, Harapan dua Dunia Air Tawar TMII Jakarta, harapan 3 Kids Fun Parcs DIY.

Kategori toilet pengelola pemerintah peringkat pertama Taman Pintar DIY, peringkat kedua Tugu Khatulistiwa Kalbar, peringkat ketiga Owabong Purbalingga Jawa Tengah.

Sementara untuk kategori waterboom, peringkat pertama Waterboom Bali, peringkat kedua Waterboom Jakarta, peringkat ketiga The Jungle Bogor Jawa Barat, harapan satu Pandawa Water World Solo Jawa Tengah, harapan dua Snowbay TMII Jakarta, dan harapan tiga Ocean Park Water Adventure Banten.

Naning S.A. Adiwoso, mengatakan, sistem penilaian pengelolaan toilet mengacu pada standar yang berlaku internasional.

"Penekanan pembobotan terutama pada unsur perawatan, kebersihan, dan kelengkapan peralatan dengan komposisi pembobotan yang terukur," katanya.

Dewan juri juga memerhitungkan faktor pemeliharaan dan kenyamaan, ketentuan dan kondisi, serta faktor yang disenangi pemakai.

Ia menyatakan harapannya agar kegiatan itu mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengelola dan menggunakan toilet bersih sehingga ke depan mampu mendongkrak citra destinasi pariwisata yang baik dan berdaya saing tinggi.

Pada kesempatan yang sama Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kemenparekraf, Firmansyah Rahim, mengatakan, penghargaan tersebut diberikan salah satunya untuk memeriahkan Hari Pariwisata Sedunia pada 27 September.

"Penghargaan Toilet Umum Bersih Taman Rekreasi Buatan 2012 ditujukan kepada 56 taman rekreasi yang dikelola oleh pemerintah dan swasta di 16 provinsi di Indonesia," katanya.

Ia menambahkan, anugerah itu juga diberikan untuk memberikan apresiasi sekaligus meningkatkan motivasi kepada para pengelola taman rekreasi dalam menjalankan bisnisnya.

Sebelumnya pihaknya juga telah memberikan penghargaan serupa yakni Penghargaan Toilet Umum Bersih di Bandara Tahun 2007, 2009, dan 2011, serta Penghargaan Toilet Umum Bersih di Museum Tahun 2010, dan Penghargaan Toilet Umum Bersih di Kebun Binatang Tahun 2011.

"Penghargaan ini kami harapkan mampu mendorong masyarakat untuk lebih peduli dalam menggunakan toilet umum," katanya.

Selain itu juga mendorong pengelola toilet untuk selalu merawat dan menjaga kebersihan dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat pengunjung taman rekreasi buatan dan kepada para wisatawan. (Ant)