Festival Maulid Nabi sejalan dengan program Sigi Religi

id Kabupaten Sigi ,Sigi Religi,Sulawesi Tengah ,Festival Maulid Nabi Muhammad SAW

Festival Maulid Nabi sejalan dengan program Sigi Religi

Bupati Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah, Mohamad Irwan Lapatta saat menghadiri kegiatan Zikir bersama di Kecamatan Tanambulava, beberapa waktu lalu. (ANTARA/Moh Salam)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Sigi Mohamad Irwan Lapatta menyatakan adanya penyelenggaraan Festival Maulid Nabi Muhammad SAW di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah untuk mempererat silaturahim dan kebersamaan masyarakat di Kabupaten Sigi.

"Saya ingin di Kabupaten Sigi ada Festival Maulid Nabi Muhammad SAW yang sesuai dan sejalan dengan program Sigi Religi dengan sistem digilir lokasinya di masing-masing kecamatan," kata Irwan Lapatta di Desa Tuva, Sabtu.
 
Ia mengemukakan pelaksanaan Festival Maulid Nabi Muhammad SAW pada tahun 2024 perdana dan pertama kali bertempat di Halaman Kantor Camat Tanambulava.
 
"Insya Allah tahun ini kami akan melaksanakan Festival Maulid di Kabupaten Sigi, rencana tanggal 5-9 November mendatang," ucapnya.
 
Ia mengatakan dengan adanya pelaksanaan Festival Maulid itu diharapkan dapat semakin mengeratkan silaturahim antarmasyarakat di Kabupaten Sigi.
 
"Semoga Festival Maulid ini kedepan dapat mempererat silaturahmi umat dan semakin mengokohkan kebersamaan di tengah masyarakat," sebutnya.
 
Sementara itu Kabag Kesra Sekretariat Pemkab Sigi Moh Sudirman Indra Dwi Putra menjelaskan untuk rangkaian kegiatan pada pelaksanaan Festival Maulid Nabi Muhammad SAW itu sedang dibahas dengan para camat dengan pemerintah daerah.
 
"Untuk rangkaian kegiatan masih kami bahas di rapat bersama dengan camat tapi petunjuk teknis (juknis) serta jenis kegiatan sudah ada hanya perlu disepakati lagi," ujarnya.
 
Menurutnya Festival Maulid ini merupakan kegiatan tingkat kabupaten yang melibatkan semua kecamatan di daerah itu menjadi pesertanya.
 
"Festival Maulid Nabi Muhammad SAW ini tingkat kabupaten sehingga semua kecamatan harus ikut andil dalam kegiatan ini, serta mekanisme agenda pendukung lainnya akan dirapatkan pekan depan yang dipimpin oleh Bupati Sigi," tuturnya.
 
Diketahui program Sigi Religi merupakan salah satu kegiatan pendekatan dalam pembinaan umat beragama di daerah tersebut.
 
Sigi Religi dapat menjadi perekat kemajemukan yang ada, yang dapat menopang peningkatan kualitas ketenteraman dan kedamaian umat beragama.
 
Program Sigi Religi menjadi satu pendekatan pembinaan umat dari aspek agama serta terdapat muatan moderasi beragama yang merupakan satu konsepsi untuk membangun pemikiran dan sikap umat beragama yang moderat.