PLN: Pemadaman bergilir di wilayah Parigi karena pekerjaan SUTET

id Pln, tower sutet, kebun kopi, jaringan listrik

PLN: Pemadaman bergilir di wilayah Parigi karena pekerjaan SUTET

Satu tower transmisi pengantar listrik tegangan tinggi milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) nyaris roboh di atas tebing pada jalur Toboli-Tawaeli atau kebun kopi kilometer 10, Jumat (2/9/2020). Tower tersebut tampak miring akibat tebing di sekitarnya longsor. Transmisi itu juga menghantar listrik tegangan tinggi dari Palu ke Gardu Induk (GI) Binangga, Parigi untuk memenuhi pasokan listrik di Kabupaten Parigi Moutong. ANTARA/Moh Ridwan

Palu (ANTARA) -
PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mengatakan terpaksa memberlakukan pemadaman listrik bergilir di wilayah Kota Parigi Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah karena sedang dilakukan perbaikan transmisi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) yang nyaris roboh.


 


"Terpaksa langkah pemadaman bergilir dilakukan agar proses pekerjaan tidak membahayakan keselamatan petugas di lapangan," ujar Manager Jaringan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Palu Reky Paranoan yang dihubungi, Kamis malam.


 


Dia menjelaskan, salah satu tower SUTET milik PLN yang menyuplai aliran listrik ke Gardu Induk (GI) Binangga di wilayah Parigi nyaris roboh karena dinding tebing di sekitarnya terjadi longsor di kilometer 10 jalur Toboli-Tawaeli atau kebun kopi, Kecamatan Toboli Barat.


 


Sehingga, PLN melalui unit transmisi melakukan tindakan darurat guna meminimalisir terjadinya kemungkinan-kemungkinan buruk.


 


"Petugas kami di lapangan sedang membuat tower darurat, lalu jaringan untuk sementara dialihkan ke tower tersebut agar suplai listrik ke wilayah Parigi Kota dan sekitarnya tetap terpenuhi," ucap Reky.


 


Dia memaparkan, pemberlakuan pemadaman listrik bergilir akibat pengerjaan dan pemeliharaan pada tower 79 kebun kopi diproyeksikan berlangsung selama tiga hari ke depan, dimulai 8-10 Oktober 2020.


 


Kegiatan yang dilakukan tertuang dalam informasi resmi PLN tentang pekerjaan pemeliharaan jaringan transmisi hingga menghentikan pasokan tenaga listrik untuk sementara waktu nomor: 44.PM/DIS/00.02/PLU/2020.


 


Oleh karena itu, PLN meminta masyarakat agar tetap tenang dan bersabar selama proses pekerjaan berlangsung.


 


"Untuk jadwal hari Jumat (9/10) pemadaman dimulai Pukul 13.00-17.00 WITA, dan jadwal pemadaman hari Sabtu (10/10) mulai Pukul 09.00-17.00 WITA," ungkap Reky.


 


Dia menambahkan, tower SUTET yang sedang diperbaiki petugas PLN berdaya 70 kV yang berfungsi digunakan untuk transmisi jarak jauh.


 


"Diupayakan pemadaman bergilir hanya tiga hari, selebihnya pekerjaan lain dapat dikerjakan petugas lapangan tanpa harus pemadaman listrik," katanya.