Polda gencarkan binluh "rawan" penyebaran paham radikal di Poso

id Satgas Operasi Madago Raya ,Polda Sulteng ,Poso,Sulawesi Tengah ,Cegah paham radikalisme

Polda gencarkan binluh "rawan" penyebaran paham radikal di Poso

Satgas Operasi Madago Raya Polda Sulteng melaksanakan kegiatan binluh kepada masyarakat di Kabupaten Poso, Sulteng, Rabu (5/6/2024). (ANTARA/HO-Humas Polda Sulteng)

Poso, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Satgas Operasi Madago Raya Polda Sulawesi Tengah (Sulteng) menggencarkan pembinaan dan penyuluhan (binluh) kepada masyarakat yang berada di wilayah "rawan" penyebaran paham radikal dan trauma aksi teror/kekerasan kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Kabupaten Poso.
 
"Satgas Operasi Madago Raya berkomitmen untuk terus melaksanakan kegiatan binluh secara rutin di berbagai wilayah di Kabupaten Poso," kata Kepala Satuan (Kasat) Binmas Polres Poso Iptu Rianto Hilian di Poso, Rabu.
 
Pihaknya melaksanakan kegiatan binluh di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kelurahan Kayamanya, Kecamatan Poso Kota, Kabupaten Poso.
 
Ia mengatakan Satgas 2 Preemtif Operasi Madago Raya menggencarkan kegiatan pembinaan dan penyuluhan untuk memperkuat hubungan silaturahmi dan kemitraan antara Polri dan masyarakat.

Selain itu, kata dia, sebagai upaya meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian masyarakat terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah operasi.
 
"Kami mengingatkan kepada masyarakat untuk membangkitkan semangat kepedulian dan kewaspadaan terhadap potensi gangguan kamtibmas. Dan, menjaga silaturahmi antara Polri dengan masyarakat," katanya.
 
Ia juga menyampaikan kepada masyarakat agar melakukan pencegahan masuknya paham radikalisme dan terorisme melalui pendidikan Islam yang benar serta mengajarkan nilai-nilai perdamaian, toleransi dan keseimbangan.
 
Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat agar melaporkan kepada pihak kepolisian melalui Bhabinkamtibmas atau Call Center 110 apabila mengetahui informasi tindak pidana atau terjadi gangguan kamtibmas.
 
Ia berharap masyarakat dapat terus bekerjasama dengan Polri dalam menjaga kamtibmas di wilayahnya masing-masing, dan selalu waspada terhadap aksi kejahatan dan penyebaran paham radikalisme.
 
"Diharapkan melalui kegiatan ini, terjalin kemitraan yang kuat antara Polri dan masyarakat, dan kamtibmas di Kabupaten Poso dapat terjaga dengan baik," ujarnya lagi.