Pemimpin agung Iran Ayatollah Ali Khamenei kutuk serangan AS di Irak

id Pemimpin Agung Iran ,Ayatollah Ali Khamenei,serangan di Irak,Amerika Serikat

Pemimpin agung Iran Ayatollah Ali Khamenei kutuk serangan AS di Irak

Pemimpin Agung Iran Ayatollah Ali Khamenei (ANTARA FOTO/REUTERS/Fars News/Hassan Mousavi)

Pemerintah, bangsa Iran dan saya mengutuk keras serangan itu
Dubai (ANTARA) - Pemimpin Agung Iran Ayatollah Ali Khamenei mengutuk keras sejumlah serangan yang dilancarkan Amerika Serikat terhadap kelompok milisi, yang memiliki hubungan dengan Iran, di Irak, demikian dilaporkan televisi negara Iran, Rabu.

Khamenei menyalahkan Amerika Serikat atas kekerasan yang merebak di negara tetangga Iran itu.

"Pemerintah, bangsa Iran dan saya mengutuk keras serangan itu," kata Khamenei seperti dikutip televisi negara.

Militer AS pada Minggu (29/12), melancarkan serangan terhadap kelompok milisi Kataib Hizbullah sebagai pembalasan setelah seorang kontraktor sipil AS terbunuh pada Jumat (27/12) dalam serangan roket di sebuah markas militer Irak.

Presiden AS Donald Trump melemparkan tuduhan bahwa Iran menggalang protes yang disertai kekerasan di Kedutaan Besar AS di Irak pada Selasa (31/12). Trump juga mengatakan Teheran akan dipaksa untuk mempertanggungjawabkan tindakannya itu.

Iran membantah tuduhan tersebut.

"Lagi-lagi, orang itu (Trump) menuduh Iran atas serangan tersebut. Dia ini tidak bisa melakukan apa-apa. Kalau kalian logis, tapi tidak demikian adanya, kalian akan bisa melihat bahwa kejahatan-kejahatan kalian di Irak dan di negara-negara lainnya telah membuat banyak negara membenci kalian," cuit Khamenei.

"Kalau Iran memutuskan untuk menghadapi sebuah negara, kami akan melakukannya secara terbuka ... Kalau ada yang mengancam kepentingan bangsa kami, kami akan membalasnya... tanpa ragu."

Sumber: Reuters