Harga Bawang Dan Tomat Naik Jelang Puasa

id bawang, tomat

Harga Bawang Dan Tomat Naik Jelang Puasa

Harga bawang putih naik (FOTO ANTARA/Anis Efizudin)

Palu,  (antarasulteng) - Harga bawang dan tomat di pasaran Kota Palu, Sulawesi Tengah menjelang puasa mulai bergerak naik, meski stok kebutuhan sehari-hari itu cukup banyak.

Sejumlah pedagang di Pasar Masomba Palu, Sabtu membenarkan adanya kenaikan harga menyusul permintaan masyarakat meningkat.

"Kami terpaksa naikan harga, sebab harga di tingkat produsen sudah naik," kata Ny Tina (43) dan Ny Leman,keduanya pedagang bawang dan tomat di Pasar Masomba.

Mereka mengatakan harga bawang merah di pasaran saat ini naik dari Rp15 ribu, kini menjadi Rp25 ribu per kilogram dan bawang putih dari Rp12 ribu, menjadi Rp15 ribu per kilogram.

Begitu pula dengan harga tomat naik dari Rp5.000 per kilogram, menjadi Rp6.000.

Menurut kedua pedagang itu, kenaikan harga dipicu karena permintaan masyarakat meningkat.

Selain itu, harga di tingkat produsen juga naik sehingga pedagang harus menyesuaikan harga agar tidak merugi.

Mengenai stok kebutuhan tersebut, keduanya menjamin mencukupi kebutuhan masyarakat."Hanya saja memang harga sudah naik," kata Ny Tina dan Ny Leman.

Kepala Seksi Usaha dan Sarana Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Sulawesi Tengah, Rudi Zulkarnain membenarkan ada sejumlah kebutuhan yang cenderung naik.

Kebutuhan dimaksud antara lain telur, daging, bawang merah, bawang putih dan tomat.

Kenaikan lebih dikarenakan permintaan masyarakat mulai menunjukan peningkatan cukup signifikan menjelang bulan ramadhan. Tetapi sesuai hasil monitoring maupun pertemuan dengan sejumlah distributior dan dinas terkait belum lama ini stok berbagai kebutuhan, terutama sembako cukup aman.

"Hanya saja harga mulai bergerak.Tapi masih dalam batas kewajaran," katanya.

Masyarakat diimbau untuk tidak panik terhadap kenaikan sejumlah kebutuhan di pasar-pasar karena selain stok memadai, pemerintah juga tetap mengawasi dan akan menstabilkan jika terjadi gejolak harga yang dilakukan sepihak oleh pedagang atau distributor.

Berikutnya harga minyak goreng bimili Rp13 ribu, gula pasir Rp12 ribu, tepung terigu Rp9.000,00, daging sapi Rp95 ribu, daging ayam Rp21 ribu, telur ayam Rp1.200,00 per kilogram.

Sementara harga beras bervariasi terendah Rp7.500 dan tertinggi Rp10.000 tergantung jenis dan kualitasnya.(skd)