Gempa berkekuatan magnitudo 3.8 guncang Sigi

id Gempa, sigi, tomado, palu koro

Gempa berkekuatan magnitudo 3.8 guncang Sigi

Peta lokasi gempabumi. ANTARA/HO-BMKG

Palu (ANTARA) - Gempa bumi bermagnitudo 3,8 mengguncang Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, pada Sabtu, pagi namun tidak berpotensi Tsunami.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Palu Cahyo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, di Palu, Sabtu mengatakan episenter gempa terletak pada koordinat 1.35 LS - 120.10 BT atau tepatnya berlokasi di darat, 6 kilometer arah Timur Tomado Kabupaten Sigi,  dengan berkedalaman 7 kilometer.

"Gempa ini termasuk gempa dangkal yang berada di darat di bagian Timur Tomado atau Selatan Kota Palu," ujar Cahyo.

Menurut pihak BMKG, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa dangkal akibat aktivitas sistem sesar Palu Koro. Gempa bumi ini dirasakan III-IV MMI di Tomado; II-III MMI di Kulawi.

Cahyo menjeaskan hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami, dan hingga kini belum ada laporan kerusakan bangunan akibat dampak gempa tersebut.

"Kami mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ujarnya.

Dia juga mengimbau masyarakan agar memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website www.bmkg.go.id, atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg).

"Masyarakat tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG," demikian Cahyo.