Parasit Kuno Terungkap

id parasit, kuno

Parasit Kuno Terungkap

Mikrograf yang menggambarkan satu telur parasit Schistosoma haematobium yang diperbesar 500 kali. (U.S-CDC Public Health Image Library)

Jakarta (antarasulteng.com) - Beberapa bukti paling awal infeksi parasit pada manusia terungkap dari penggalian di pemakaman kuno yang ada di situs Tell Zeidan, Suriah.

Telur parasit Schistosoma, yang sampai sekarang masih menginfeksi manusia, ditemukan di makam seorang anak yang hidup 6.200 tahun lalu di komunitas pertanian kuno.

"Kami menemukan bukti paling awal keberadaan parasit (yang menyebabkan) Schistosomiasis pada manusia," kata salah satu penulis hasil studi, Dr. Piers Mitchell, ahli antropologi-biologi di University of Cambridge, Inggris.

Telur-telur parasit ditemukan di pemakaman dengan 26 kerangka di Tell Zeidan, yang menurut perkiraan didiami beberapa ribu orang sekitar 7.800 sampai 5.800 tahun lalu, kata penulis studi yang lain, Gil Stein, direktur penggalian di situs dan arkeolog di Oriental Institute of the University of Chicago.

Tim itu mengumpulkan sampel tanah di sekitar kerangka abdomen, tempat parasit kemudian ditemukan, dan juga di sekitar kerangka kaki dan kepala sebagai kontrol.

Para peneliti mencari partikel seukuran telur parasit --berdiameter 0,1 millimeter-- di tanah itu, kata Mitchell kepada Live Science.

Mereka kemudian mencampur partikel-partikel itu dengan air dan menempatkannya di bawah mikroskop.

Para peneliti menemukan satu telur di tanah sekitar abdomen dan panggul kerangka anak. Mereka tidak menemukannya di kepala dan kaki, menunjukkan bahwa telur itu berasal dari orang yang dikubur, bukan dari orang yang buang air di tempat yang sama.