Polisi Rusia tangkap 200-an orang terkait protes bebaskan Alexei Navalny

id alexei navalny,unjuk rasa di rusia,vladimir putin

Polisi Rusia tangkap 200-an orang terkait protes bebaskan Alexei Navalny

Pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny memeluk sang istri Yulia setelah penetapan keputusan di gedung pengadilan di Kirov, Rabu (16/10). Pengadilan Rusia kemarin menetapkan Navalny bersalah atas tudugan pencurian tetapi menangguhkan hukuman lima tahun penjara baginya, yang berarti pengkritik utama Presiden Vladimir Putinitu tidak akan dipenjara. (REUTERS/Maxim Shemetov)

Moskow (ANTARA) - Kepolisian menangkap lebih dari 200 orang di Timur Jauh Rusia dan Siberia pada Sabtu terkait dengan  protes--di tengah cuaca amat dingin, juga yang dilarang oleh pemerintah--untuk menuntut pembebasan tokoh oposisi Alexei Navalny.

Navalny menyerukan para pendukungnya agar berunjuk rasa usai dirinya ditangkap pada pekan lalu, sekembalinya ia ke Moskow selepas menjalani perawatan medis di Jerman akibat peracunan pada Agustus 2020.

Sebuah video dari Vladivostok menunjukkan polisi huru-hara tengah mengejar sekelompok pengunjuk rasa di jalanan, sementara para pendemo di Khabarovsk--yang beraksi di tengah suhu udara minus 14 derajat Celsius--meneriakkan kata-kata "memalukan" dan "bandit".

Polisi di kota Yakutsk, Siberia, yang merupakan salah satu kota terdingin di dunia dengan temperatur minus 52 derajat Celsius pada Sabtu, menangkap seorang pengunjuk rasa dengan meraih tangan dan kakinya dan menyeretnya ke mobil, demikian ditunjukkan dalam sebuah video.

Sebuah kelompok pengawas isu penegakan hukum di Rusia, OVD-Info, menyebut bahwa terdapat 238 orang, termasuk 56 orang di Novosibirsk, yang ditangkap oleh polisi sejauh ini terkait dengan aksi tersebut.

Sementara di Ibu Kota Moskow, polisi memasang barikade di sekitar Lapangan Pushkinskaya, yang tampak sebagai bentuk upaya menggagalkan aksi demonstrasi yang dijadwalkan mulai pada pukul 14.00 waktu Moskow.

Polisi juga menahan beberapa orang yang berkumpul di lapangan itu sebelumnya unjuk rasa berlangsung, termasuk seorang pengunjuk rasa mandiri.

Otoritas telah melarang  protes ini dilakukan.

Kepolisian juga menindak persiapan aksi, mengumpulkan sejumlah sekutu Navalny yang dituduh menyerukan demonstrasi ilegal serta menahan setidaknya dua orang di antaranya, termasuk juru bicara Navalny, selama lebih dari sepekan.

Otoritas juga mengumumkan penyelidikan kriminal terhadap pendukung Navalny atas seruan kepada anak di bawah umur untuk ikut menghadiri unjuk rasa ilegal yang mereka sebut dilakukan di berbagai jaringan media sosial.

Kedutaan Besar AS di Moskow merilis lokasi dan waktu  unjuk rasa serta meminta agar warga Amerika di sana untuk menjauhi titik-titik itu. Kementerian Luar Negeri Rusia menyebut tindakan itu sebagai "intervensi kotor" atas urusan dalam negeri Rusia.

Sumber: Reuters