CTI gandeng Furukawa layani solusi data center

id cti,furukawa,data center,cdt

CTI gandeng Furukawa layani solusi data center

Ilustrasi - Data center. ANTARA/Shutterstock/pri.

Industri data center terus berkembang pesat setiap tahun. Operator data center yang ada di pasar saat ini memiliki kapasitas akses data tercepat mencapai 100G, namun tren baru akan segera mulai yakni pra operator data center akan memigrasi jaringan m
Jakarta (ANTARA) - Computrade Technology International (CTI Group) melalui anak usahanya, PT Mega Buana Teknologi (MBT), bekerja sama dengan PT Furukawa Optical Solutions Indonesia (FOSI) merupakan anak perusahaan dari Furukawa Electric Group, dalam penyediaan layanan solusi data center.

"Industri data center terus berkembang pesat setiap tahun. Operator data center yang ada di pasar saat ini memiliki kapasitas akses data tercepat mencapai 100G, namun tren baru akan segera mulai yakni pra operator data center akan memigrasi jaringan mereka ke 400 gigabit ethernet," kata Alexandre Schappo sebagai SEA Application Engineer Manager Furukawa Electric. 

Hal itu sejalan dengan perkembangan Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI) yang memicu serangkaian perubahan dalam industri telekomunikasi, yaitu jaringan generasi kelima atau 5G. Di Indonesia sendiri, persiapan menuju 5G masih memerlukan dorongan besar.

"Masalah yang sering dialami oleh pelanggan kami adalah pengetahuan mengenai teknologi data center. Bersama dengan Furukawa, MBT tidak hanya menyediakan produk tapi juga memberikan layanan kepada mitra bisnis dan pelanggan kami, mulai dari sisi perencanaan hingga implementasi,” kata Yuwono Pranata, Presiden Direktur MBT, dalam pernyataan resmi, Jumat.

Menurut penelitian dari Structure Research, pertumbuhan data center di Indonesia saat ini terpusat di Jabodetabek dan sudah mulai memasuki fase akselerasi, dengan total kapasitas 72,5 MW di akhir 2020.

Proyeksinya, pasar ini akan terus bertumbuh dengan pertumbuhan rata-rata setiap tahunnya sekitar 23,7 persen hingga lima tahun ke depan. Peningkatan tersebut juga berdampak pada transformasi telekomunikasi yang tengah dijalankan pemerintah dengan mempersiapkan loncatan jaringan dari 4G ke 5G, untuk mendukung akselerasi produktivitas, industrialisasi, maupun informasi dan teknologi Tanah Air.

Melalui kerja sama dengan Furukawa Optical Solutions Indonesia, MBT terus memperluas jaringan kemitraannya untuk mendukung perkembangan industri telekomunikasi dan data center di Indonesia. Kolaborasi tersebut juga menjadi bagian dari upaya yang terus dilakukan MBT untuk terus menghadirkan layanan dan solusi teknologi terkini untuk para perusahaan dan organisasi di Indonesia.
 
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar