Pemkot Palu harapkan percepatan penyelesaian huntap relokasi mandiri

id Huntap mandiri, relokasi mandiri, Pemkotpalu, dinas perumahan, Zulkifli, sulteng,Pemkot Palu harapkan percepatan penyele

Pemkot Palu  harapkan percepatan penyelesaian huntap relokasi mandiri

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Palu, Zulkifli. ANTARA/Moh Ridwan

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah mengharapkan percepatan kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi hunian tetap (huntap) skema relokasi mandiri korban gempa, tsunami dan likuefaksi di wilayah itu oleh pihak pelaksana pembangunan agar segera menyelesaikan pekerjaannya.

"Tentunya masyarakat berharap bisa segera menempati hunian itu. Oleh karenanya, tanggung jawab pelaksana kegiatan harus secepatnya menyelesaikan kegiatan konstruksi," kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Palu Zulkifli yang ditemui di Palu, Jumat.

Ia menjelaskan, dari hasil koordinasi bersama pihak Balai Balai Penyediaan Perumahan Sulawesi II Kementerian PUPR, pembangunan huntap skema relokasi mandiri di sejumlah titik di ibu kota Sulteng sedang proses perampungan, karena sempat mengalami stagnasi beberapa bulan terakhir.

Sehingga diharapkan, percepatan pembangunannya harus digenjot agar penyelesaian pekerjaan fisik dapat terlaksana tepat waktu.

Sebagaimana hasil investigasi Ombudsman RI Perwakilan Sulteng yang dituangkan dalam surat klarifikasi laporan, tercatat sejumlah poin penting yang disampaikan PT Waskita Karya (Persero) sebagai kontraktor pelaksana kegiatan pembangunan huntap relokasi mandiri bahwa penyelesaian pekerjaan dan penyerahan kunci kepada warga terdampak bencana (WTB) ditargetkan pada Agustus 2021.

"Wali kota juga telah menyampaikan kepada Kepala Satuan Tugas (Satgas) percepatan rehabilitasi dan rekonstruksi penanganan bencana Sulteng agar segera merampungkan huntap relokasi mandiri," ujar Zulkifli.

Ia juga mengaku, telah mendapat laporan dari Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Sulteng bahwa progres pembangunan huntap tersebut sedang berjalan.

Bahkan, katanya, Balai Penyediaan Perumahan Sulawesi II Kementerian PUPR juga telah merencanakan pembangunan huntap skema relokasi mandiri tahap dua untuk Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala sebagai daerah terdampak parah bencana alam 28 September 2018.

"Sebagai instansi yang membidangi perumahan, tentu kami mendorong upaya-upaya percepatan pembangunan hunian bagi korban bencana sekaligus melakukan pendampingan terhadap warga terdampak," demikian Zulkifli.

Ia menambahkan, Pemkot Palu tetap memprioritaskan penanganan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana, gara warga penyintas yang masih menempati hunian sementara (huntara) dapat fasilitas hunian, baik huntap yang bersifat relokasi berbasis kawasan maupun huntap skema relokasi mandiri.