Enam pejabat akademik berebut kursi Rektor Untad 2023-2027

id Pilrek,Pendidikan

Enam pejabat akademik  berebut kursi Rektor Untad 2023-2027

Gedung Rektorat Universitas Tadulako di Palu, Provinsi Sulawesi Tengah. ANTARA/HO-Silvana

Palu (ANTARA) -
Sebanyak enam pejabat akademik Universitas Tadulako (Untad) Palu, Sulawesi Tengah, akan bertarung dalam pemilihan Rektor periode 2023-2027.

 

"Sudah ditetapkan enam calon peserta yang akan mengikuti tahapan pilrek Universitas Tadulako periode 2023-2027," kata Ketua Panitia, Dr Adam Malik di Palu, Kamis.

 

Dia menjelaskan bahwa seluruh tahapan dan jadwal mengenai penyelenggaraan pilrek sudah termaktub dalam Peraturan Senat Universitas Tadulako Nomor 158/SENAT-UTD/KP/2022.

 

Berdasarkan peraturan itu, kata Adam, saat ini pilrek Untad telah memasuki tahap penyaringan oleh 71 anggota senat setelah sebelumnya lolos dari verifikasi berkas.

 

"Sebanyak 71 anggota senat akan memilih dan menghasilkan tiga nama saja yang dikirimkan ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, rencananya pemilihan akan berlangsung awal Oktober," jelasnya.

 

Selanjutnya, sambung Adam, pada tahap tiga besar pemilih Rektor akan bertambah 1 suara dari pihak Kemendikbudristek sebanyak 35 dan akan dijumlah dengan 71 anggota senat.

 

"Anggota senat akan tetap memilih lagi dan akan ditambah dengan hak suara pihak Kementerian sebanyak 35 persen," sambungnya.

 

Adapun enam calon Rektor yang sudah ditetapkan untuk mengikuti pemilihan awal Oktober 2022 mendatang adalah nomor urut 1 adalah Prof. Abdul Rahim, nomor urut 2 yakni Prof.Amar dan nomor urut 3 ialah Dr Lufsyi Mahmudin.

 

Sementara nomor urut 4 adalah Prof Muhammad Khairil, nomor urut 5 yaitu Dr Muhtar Lutfi serta nomor urut 6 yakni Dr Nurhayadi.