Walikota harap pemerintah pusat tetapkan Guru Tua jadi tokoh nasional

id Wali Kota Palu,Guru Tua,Festival Raudhah,Haul,Kota Palu,Sulawesi Tengah

Walikota harap pemerintah pusat tetapkan Guru Tua jadi tokoh nasional

Foto bersama saat pembukaan Festival Raudhah, di Kompleks Alkhairaat, Kawasan Wisata Religi, Kota Palu, Sulawesi Tengah pada Minggu (30/4/2023). (ANTARA/Nur Amalia Amir)

Palu (ANTARA) - Wali Kota Palu, Hadianto Rasyid berharap pemerintah pusat dapat menetapkan Habib Sayid Idrus bin Salim (Sis) Aljufri atau yang biasa dikenal Guru Tua sebagai tokoh nasional. 
 


"Kami mengharapkan dan terus berupaya mendorong agar pemerintah pusat dapat membuka pandangan mereka untuk menetapkan Habib Habib Sayid Idrus bin Salim (Sis) Aljufri sebagai tokoh nasional," kata Hadianto Rasyid saat menghadiri Festival Raudhah di Kompleks Alkhairaat, Kawasan Wisata Religi, Kota Palu, Sulawesi Tengah pada Minggu malam. 


 


Ia mengemukakan, Pengurus Besar Alkhairaat dan Pemerintah Kota Palu dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah terus mengupayakan pemerintah pusat agar dapat menetapkan Guru Tua sebagai tokoh nasional sebagaimana harapan besar masyarakat Sulawesi Tengah khususnya masyarakat Kota Palu.


 


Menurut dia, bagi masyarakat Sulawesi Tengah serta Kota Palu khususnya, tidak dapat memungkiri bahwa perjuangan Guru Tua dalam menyebarkan agama Islam serta pendidikan yang kemudian membawa perubahan di daerah itu hingga saat ini.


 


Ia mengatakan, Festival Raudhah diharapkan tidak hanya akan memberikan dampak ekonomi namun juga dampak yang akan mengingatkan kembali kepada sosok atau figur yang menjadi panutan bagi masyarakat provinsi itu yakni Guru Tua. 


 


"Saat ini Sulawesi Tengah sangat identik dengan Alkhairaat, tidak hanya tentang nama namun juga pendidikan - pendidikan yang diberikan oleh Alkhairaat tersebar ke seluruh penjuru provinsi ini," katanya.


 


Dalam kesempatan tersebut, dia juga mengharapkan Festival Raudhah dapat terus dilaksanakan dan semakin baik dan meningkat setiap tahunnya. 


 


Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Solahuddin Uno menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Festival Raudhah di daerah itu. 


 


"Festival ini merupakan acara yang sangat baik dikarenakan Guru Tua merupakan tokoh yang berjasa dalam memajukan pendidikan serta menyebarkan kebudayaan Islam di Sulawesi Tengah," katanya saat menyampaikan sambutan apresiasi secara virtual pada acara Festival Raudhah. 


 


Ia juga mengharapkan kegiatan tersebut dapat semakin memajukan perekonomian masyarakat setempat. 


 


Adapun dalam festival tersebut, sedikitnya puluhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) turut dilibatkan untuk memperkenalkan produk-produk khas Sulawesi Tengah.  


 


Di kesempatan yang sama, Wali Kota Palu beserta jajarannya turut melakukan kunjungan kepada beberapa UMKM tersebut. 


 


Festival Raudhah juga memiliki banyak rangkaian acara bernuansa religi di Kawasan Religi tersebut yang puncaknya akan berlangsung pada tanggal 3 Mei yang merupakan peringatan Haul Guru Tua.