Dinkes Palu Buka Pendaftaran Operasi Katarak Gratis

id katarak, mata

Dinkes Palu Buka Pendaftaran Operasi Katarak Gratis

Ilustrasi--Operasi Katarak (antaranews.com)

Palu,  (antarasulteng.om) - Dinas Kesehatan Kota Palu, Sulawesi Tengah menggelar kegiatan sosial berupa operasi katarak secara gratis bagi masyarakata kurang mampu.

Kegiatan digelar 10 November 2016 dengan target 100 pasien itu dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-52 tahun 2016, kata Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Palu drg Lutfiah H Sahabuddin, Senin.

Dia menambahakan, peserta yang telah mendaftar akan diseleksi dengan mengecek kondisinya, apakah bisa dilakukan operasi atau tidak.

"Kalau dari segi usia tidak dibatasi, yang terpenting nanti akan dilakukan screening atau pemeriksaan sebelum peserta tersebut dioperasi," ucapnya.

Adapun kriteria yang bisa mengikuti operasi tersebut, yakni calon pasien harus berdomisili di Kota Palu, harus dari warga kurang mampu yang ditandai dengan keterangan identitas, seperti Jamkesmas, Jamkesda atau Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari pemerintah setempat.

Dia mengajak warga yang memiliki penyakit katarak agar mau mengikuti program bhakti sosial itu.

Warga yang berminat dapat menghubungi pusat pelayanan kesehatan setempat, baik di Puskesmas atau datang langsung ke Dinkes pada Seksi Pelayanan Dasar, Rujukan dan Kesehatan Khusus, Jalan Balai Kota Utara Nomor 4 Palu atau dapat menghubungi kontak person 085397984239 (Murniaiwati) atau 082291104041 (Listi Sintiadewi).