Pemkot Palu raih penghargaan kota sehat dari Kemenkes

id Pemkotpalu, kota sehat, Kemenkes, walikotapalu, Hadianto Rasyid, KKS, Sulteng

Pemkot Palu raih penghargaan kota sehat dari Kemenkes

Wali kota Palu, Hadianto Rasyid (kanan) memegang piagam penghargaan Swasti Saba Padapa Kabupaten Kota Sehat (KKS) yang diserahkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada malam penganugerahan tanda penghargaan Sawsti Saba KKS dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award 2023 di Jakarta pada Selasa (28/11/2023) malam. ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu

Palu (ANTARA) -
Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah meraih penghargaan Swasti Saba Kabupaten Kota Sehat (KKS) dari Kementerian Kesehatan karena memenuhi sembilan tatanan sebagai instrumen penilaian.

 

"Alhamdulillah Kota Palu mendapat penghargaan kategori Swasti Saba Padapa yang diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada malam penganugerahan tanda penghargaan Sawsti Saba KKS dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award 2023 di Jakarta pada Selasa (28/11) malam," kata Wali Kota Palu Hadianto Rasyid melalui keterangan tertulisnya diterima di Palu, Rabu.

 

Ia mengemukakan, penghargaan yang diberikan Pemerintah Pusat merupakan satu kehormatan bagi Pemkot Palu dan seluruh warga di daerah ini yang telah mampu menunjukkan perkembangan kota yang ramah lingkungan maupun ramah kesehatan.

 

Ada pun sembilan indikator yang mampu dipenuhi Pemkot Palu yaitu kehidupan masyarakat yang sehat mandiri, permukiman dan fasilitas umum, satuan pendidikan, pasar rakyat, perkantoran dan perindustrian, pariwisata sehat, transportasi dan tertib lalu lintas jalan, perlindungan sosial dan pencegahan serta penanganan bencana.

 

Dari 13 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Tengah hanya Kota Palu masuk nominasi, dan ini menjadi penyemangat untuk berbuat lebih baik terhadap pembangunan daerah ke depan, ujarnya.

 

"Mewakili masyarakat Kota Palu saya berterima kasih atas penghargaan ini, tanpa dukungan semua pihak mustahil nominasi ini bisa kami raih," ujarnya.

 

Menurutnya, kerja keras dilakukan Pemkot Palu maupun masyarakat selama ini salah satu hasilnya adalah meraih penghargaan kota sehat, proses dilalui cukup panjang mulai dari tahapan pendaftaran hingga verifikasi oleh tim Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri dalam enam bulan terakhir.

 

Ia berharap kesadaran masyarakat menjaga kebersihan maupun ketertiban dalam semua aspek harus dijaga supaya ke depan kota ini ramah untuk semua, baik bagi penduduk setempat maupun orang lain yang datang berkunjung ke daerah ini.

 

"Dengan 35 program prioritas kami usung dalam pembangunan daerah jangkah menengah diharapkan dapat memberikan dampak yang lebih positif terhadap kemajuan kota, terlebih kesejahteraan masyarakat dari sejagad aspek," tutur Hadianto.