OIKN pastikan Pemilu 2024 tidak menghambat pemangunan IKN

id IKN,OIKN,Pemilu

OIKN pastikan Pemilu 2024 tidak menghambat pemangunan IKN

Progres Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN, Senin (12/2/2024) (ANTARA/Bayu Saputra)

Ibu Kota Nusantara (ANTARA) - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) memastikan Pemilu 2024 yang akan berlangsung 14 Februari tidak akan menghambat progres pembangunan IKN.

Hal itu karena penempatan TPS lokasi khusus yang digunakan sebagai tempat 304 DPTb menyalurkan hak suaranya, ditempatkan di luar Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

“Kalau (menghambat) terhadap pembangunan, tidak ada ya,” kata Sekretaris Otorita IKN Jaka Santos di Ibu Kota Nusantara, Senin.

Namun, para pekerja IKN tetap diakomodir oleh masing-masing perusahaan atas himbauan OIKN untuk menggunakan hak suaranya pada hari H pencoblosan.

Hingga 9 Februari 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Penajam Paser Utara (PPU) mencatat sebanyak 3.266 pekerja Ibu Kota Nusantara (IKN) telah terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari tiga kecamatan yang mencakup Kecamatan Penajam, Sepaku, dan Waru.

Kedua TPS lokasi khusus IKN terdapat 304 pemilih yang telah terdaftar. Jumlah tersebut terbagi menjadi dua, yakni 187 DPTb yang terdaftar di TPS 901 dan 117 DPTb yang terdaftar di TPS 902. Kedua TPS itu berada di rest area yang tidak terlalu jauh dari KIPP.

“Itu (TPS lokasi khusus) disediakan tadinya untuk mereka-mereka yang jauh dari rumah karena sedang bekerja di proyek. Itulah komunikasi yang disampaikan dan kita (OIKN) dalam hal ini menyiapkan area yang dibutuhkan,” ujar Jaka.

Di samping itu, Jaka mengungkap sejauh ini Pemilu 2024 tidak berpengaruh terhadap realisasi investasi IKN. Berdasarkan data terkahir per 29 Januari 2024, realisasi investasi untuk pembangunan IKN mencapai Rp.47,5 triliun dengan mayoritas dibiayai oleh swasta sebesar 39,5 persen.

“Kita bicara bukan realisasi investasi, tapi realisasi komitmen. Itu (investasi) angkanya di sekitar Rp40 triliun lebih yang sudah tercatat dari komitmen investasi masing-masing investor yang ada untuk membangun area KIPP (Kawasan Inti Pusat Pemerintahan) itu,” terangnya.

Di lain kesempatan, Ketua KPU Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Irwan Syahwana memastikan, para pekerja yang tengah membangun Ibu Kota Nusantara (IKN) tetap mendapatkan hak suaranya dalam Pemilu 2024.

Ia menyampaikan bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan berbagai perusahaan di kawasan IKN agar dapat mengakomodir para pekerja saat hari pencoblosan pada 14 Februari 2024.