Densus-88 Polri ajak masyarakat Sigi jaga toleransi beragama

id Kabupaten Sigi ,Densus 88 AT ,Mabes Polri ,Sulteng ,Kamtibmas

Densus-88 Polri ajak masyarakat Sigi jaga toleransi beragama

Anggota Densus 88 AT Mabes Polri Iptu Joko (kanan) saat mengunjungi pos pengamanan di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng) menyampaikan pentingnya menjaga kerukunan umat beragama. (ANTARA/Salam)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Direktorat Pencegahan Densus 88 Anti Teror Mabes Polri bersama Satgaswil Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), mengajak masyarakat di wilayah itu menjaga toleransi antarsesama manusia dan membangun rasa kenyamanan dalam beribadah, sehingga selalu kondusif dalam bulan Ramadhan.
 
"Kenyamanan dalam beribadah selama Ramadhan ini tentunya tidak terlepas dari rasa aman yang dibangun semua pihak dengan menjadikan Ramadhan menjadi momentum spiritual umat Islam untuk mendekatkan diri kepada sang Pencipta dan sesama manusia," kata salah satu personel Densus 88 AT Mabes Polri Iptu Joko Purnomo di Sigi, Senin.
 
Dia mengemukakan agar masyarakat di Kabupaten Sigi
khususnya, untuk senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama bulan Ramadhan dan saat Hari Raya Idul Fitri 2024.
 
"Kami selalu mengajak masyarakat untuk selalu hidup rukun dalam beragama, pesan-pesan ini kita sampaikan baik dalam kegiatan tatap muka dengan warga, maupun pesan melalui media seperti yang kita lakukan lewat pesan baliho di Kecamatan Marawola," ucapnya.
 
Iptu Joko menambahkan, pentingnya pemahaman agama dan mengajak masyarakat untuk hidup rukun dalam beragama menjadi kunci dalam mencegah terjadinya bibit perpecahan.
 
"Intoleransi merupakan bibit perpecahan yang harus dicegah dan hal ini tidak hanya menjadi tugas aparat TNI-POLRI dan Pemerintah saja, tetapi seluruh elemen yang ada di tengah-tengah masyarakat harus terlibat dalam hal ini, sehingga hal-hal yang tidak di inginkan bisa teratasi dan tidak menjadi persoalan baru," ujar anggota Densus 88 AT Mabes Polri itu.
 
Menurut Joko, salah satu peran penting diambil oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sigi dalam mengambil peran mencegah berkembangnya pemahaman intoleransi di tengah-tengah masyarakat.
 
"Termasuk lembaga lainnya yakni Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sigi yang juga memiliki peran penting dalam menjaga kerukunan umat beragama di kabupaten itu," tutur Iptu Joko.
 
Oleh karena itu, Joko berharap agar semua masyarakat dapat menjaga toleransi dan kerukunan umat beragama yang terjaga dengan baik.
 
"Ini menjadi kekuatan dalam membangun daerah ini menjadi lebih baik kedepannya, " kata anggota Densus 88 AT Mabes Polri.