Gubernur Sulteng: Jadikan momen Idul Fitri perkuat silaturahim

id Gubernur Sulteng ,Hari Raya Idul Fitri 1445 H,Sulteng ,Lebaran Idul Fitri ,Momentum idul Fitri ,Perkuat tali silaturahim

Gubernur Sulteng: Jadikan momen Idul Fitri perkuat silaturahim

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura menyampaikan sambutan setelah pelaksanaan shalat Idul Fitri 1445 Hijriah di Makorem 132/Tadulako di Palu, Sulteng, Rabu (10/4/2024). (ANTARA/HO-Dokumentasi Korem 132/Tadulako)

Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Rusdy Mastura mengajak umat Muslim di provinsi itu agar menjadikan momentum perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah untuk memperkuat tali silaturahim, serta persatuan, dan kesatuan, berlandaskan keimanan dan kebangsaan dengan saling memaafkan.
 
"Mari mengedepankan rasa persaudaraan dan kesatuan, serta saling menghormati dalam momentum Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah," kata Rusdy Mastura di Palu, Rabu.
 
Ia mengatakan bagi masyarakat Muslim yang menjalani ibadah puasa, perayaan Hari Raya Idul Fitri merupakan saat yang paling dinanti-nanti.
 
Kementerian Agama menetapkan 1 Syawal 1445 Hijriah atau Idul Fitri tahun ini jatuh pada Rabu (10/4) melalui sidang isbat digelar di Kantor Kementerian Agama di Jakarta, Selasa.
 
Oleh karena itu, tanpa peduli dengan perbedaan yang ada, Gubernur mengajak umat Muslim di wilayah Sulawesi Tengah untuk saling menghormati, mendukung, dan bekerja sama, demi Sulawesi Tengah yang lebih maju dan sejahtera.
 
Ia mengatakan momentum perayaan Hari Raya Idul Fitri untuk saling menjaga hubungan baik antar umat beragama, menjaga ketentraman dan kedamaian, guna menjaga kerukunan dengan saling memaafkan.
 
Saling memaafkan, kata dia, suatu kewajiban sebagaimana Allah SWT yang senantiasa membuka pintu maaf-Nya. Demikian juga hendaknya dengan sesama manusia harus saling memaafkan.
 
"Saling memaafkan untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta mempererat tali silaturahim demi kemaslahatan diri sendiri, keluarga, masyarakat, serta bangsa dan negara, khususnya Provinsi Sulawesi Tengah," kata dia.
 
Mastura juga menyampaikan agar masyarakat menghindarkan diri dari sikap berlebihan dan hal-hal yang dapat memantik permusuhan dan pertentangan.
 
Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dipusatkan di Markas Korem 132/Tadulako, Kota Palu, yang diikuti oleh ribuan jamaah.