Kayamanya Fair 2024 untuk tampilkan potensi lokal Poso

id Bupati Poso,Tingkatkan Perekonomian Poso,Festival Kayamanya Fair 2024,Kayamanya Fair 2024,Kabupaten Poso ,Sulawesi Tenga

Kayamanya Fair 2024 untuk tampilkan potensi lokal Poso

Penampilan karnaval budaya pada kegiatan Kayamanya Fair 2024 di Poso, Sabtu (7/9/2024). (ANTARA/HO-Diskominfo Poso)

Poso, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Poso, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Verna GM Inkiriwang mengatakan Kayamanya Fair 2024 bertujuan untuk menampilkan dan mempromosikan berbagai potensi unggulan lokal daerah dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.
 
"Kayamanya Fair 2024 bukan sekadar festival, tetapi juga cerminan kekayaan budaya, kreativitas, dan potensi lokal yang dimiliki oleh masyarakat Poso," kata Bupati Poso Verna GM Inkiriwang di Poso, Sabtu.
 
Ia mengatakan festival ini merupakan gagasan inovatif dari masyarakat Kayamanya untuk masyarakat Poso, yang bertujuan untuk menampilkan potensi unggulan lokal daerah sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.
 
Menurut dia, giat festival ini penting dilakukan untuk menunjukkan bahwa Kabupaten Poso adalah daerah yang aman, damai, dan menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan.
 
Festival ini untuk memperkenalkan keunikan dan keberagaman masyarakat dan daerah Kabupaten Poso ke dunia luar.
 
"Selain itu, acara ini juga menjadi platform penting bagi pelaku usaha lokal, kuliner, pengrajin, dan komunitas lainnya untuk memamerkan karya mereka serta menjalin jejaring lebih luas," ujar Bupati.
 
Untuk itu, Verna menyebut bahwa Kayamanya Fair 2024 merupakan contoh nyata kolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta dapat menciptakan inovasi yang bermanfaat dan berdampak positif bagi masyarakat setempat dan daerah.
 
Ketua Panitia Kayamanya Fair 2024, Rahman Lamusu, mengatakan bahwa acara ini bertujuan merajut keragaman, menggali potensi lokal, serta memperkenalkan kekayaan budaya dan produk Kayamanya kepada masyarakat luas.
 
"Acara ini juga sebagai sarana hiburan dan edukasi, serta mendorong pengembangan ekonomi kreatif di Kayamanya dan juga membuktikan bahwa Kayamanya adalah daerah yang aman dan damai," katanya.
 
Adapun festival ini dimeriahkan dengan karvanal dan berbagai atraksi seni dan budaya lainnya.