Sunway University Jadi Tuan Rumah "Times Higher Education Asia Universities Summit 2024"

Sunway University Jadi Tuan Rumah "Times Higher Education Asia Universities Summit 2024"

[From left]Sunway University Pro Vice-Chancellor (Education) & Organising Chair of THE Asia Universities Summit 2024,Professor Chai Lay Ching, and Sunway University President, Professor Sibrandes Poppema

Kuala Lumpur, Malaysia, (ANTARA/PRNewswire)- Malaysia membuat pencapaian baru sebagai destinasi pendidikan global dengan menggelar edisi perdana "Times Higher Education (THE) Asia Universities Summit" di Sunway University. Segera berlangsung di sebuah kampus yang dinamis pada 29 April-1 Mei 2024, ajang bergengsi ini memperkuat status Malaysia sebagai pusat pendidikan yang mengusung keunggulan akademik dan inovasi di tingkat regional. Melambangkan komitmen kuat Malaysia dalam memajukan dunia akademik dan membina inovasi di tengah komunitas akademik dunia, THE Asia Universities Summit akan menjadi sebuah ajang penting. Ajang ini juga menjadi wadah bagi berbagai universitas untuk memamerkan pencapaian sekaligus memfasilitasi diskusi panel dan forum tingkat tinggi. Lewat kerja sama tersebut, Sunway University terus memperkokoh peran penting Malaysia dalam mengubah masa depan pendidikan tinggi di Asia.2

Globalisasi membawa pengaruh besar dalam ekspansi dan internasionalisasi lembaga pendidikan. Di tengah kondisi ekonomi dan ketenagakerjaan yang terus berubah, berbagai universitas harus menyelaraskan kurikulum dengan kebutuhan industri masa kini, serta membekali lulusan dengan keahlian praktis yang meningkatkan peluang mereka mencari pekerjaan, serta berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi. Lebih lagi, universitas juga berperan sebagai katalis penting yang menjawab berbagai tantangan sosial. Universitas berada pada posisi unik untuk menyediakan layanan pendidikan yang berbasiskan pada nilai-nilai, membina pemimpin yang beretika, serta mengembangkan tanggung jawab sosial di tengah mahasiswa. Dengan memperjuangkan dan memimpin perubahan dalam isu-isu sosial, termasuk pencapaian Target Pembangunan Berkelanjutan (SDG), berbagai universitas dapat memberdayakan mahasiswa agar menjadi agen perubahan positif di tengah masyarakat dan berkontribusi positif terhadap kemajuan global. 

Mengusung tema "Bridging frontiers to reimagine the evolving landscape of education in Asia", THE Asia Universities Summit akan mengadakan lebih dari 35 sesi akademik selama tiga hari. Setiap hari akan membahas tiga tema yang berbeda untuk menjalin koneksi antara berbagai wilayah dan lembaga. Tema-tema ini antara lain Transnational Education: Building Bridges Across Countries and Campuses, Employability and Skills gap: Building Bridges with Industry, serta Communities and Authorities: Building Bridges with Society.

Lebih dari 500 pemimpin sektor pendidikan global, delegasi, dan akademisi dari berbagai universitas di Asia, termasuk The Chinese University of Hong Kong, City University of Hong Kong, National University of Singapore, Monash University, North South University, Universiti Brunei Darussalam, Toyo University, , Macau University of Science and Technology, Xi'an Jiaotong-Liverpool University, Nanjing University, Lancaster University, Arizona State University, dan lain sebagainya akan menghadiri ajang tersebut.

Di sisi lain, THE Asia Universities Summit akan menggelar acara penyerahan THE Awards Asia 2024. Memasuki tahun keenam, THE Awards Asia 2024 menjadi ajang penghargaan internasional yang mengapresiasi kepemimpinan dan pencapaian kelembagaan yang luar biasa, serta merayakan beragam keunggulan di sektor pendidikan tinggi Asia. 

President, Sunway University, Profesor Sibrandes Poppema, berkata, "Untuk pertama kalinya, kami menggelar THE Asia Universities Summit di Malaysia dan Sunway University. Hal ini menjadi kesempatan fantastis untuk memperlihatkan keunggulan akademik Malaysia, mempromosikan kolaborasi internasional, serta berkontribusi terhadap dialog global seputar pendidikan tinggi. Ajang ini juga menjadi wadah untuk memamerkan inisiatif riset dan inovasi kami yang berkontribusi terhadap bidang pendidikan di Asia."

Segera bergabung dalam THE Asia Universities Summit 2024. Informasi lebih lanjut tersedia di www.timeshighered-events.com/asia-universities-summit-2024.
Pewarta :
Editor : PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024