Palu Turunkan 100 Atlet Ke Popda 2016

id atletik

Palu Turunkan 100 Atlet Ke Popda 2016

Ilustrasi--Atlet Sulawesi Tengah yang akan mengikuti PON XVIII di Riau September 2012. (Foto : Adha Nadjemuddin)

Hasil konsultasi kami dengan provinsi bahwa, direncanakan kami dari kontingen Kota Palu, akan menurunkan 100 Atlet,
Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, akan menurunkan 100 atlet tingkat pelajar se-Kota Palu, untuk berkompetisi pada Pekan Olahraga Daerah (POPDA) 2016 di Kabupaten Buol.

Kepala Seksi Pembinaan Atlet dan Bina Prestasi Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Kota Palu Ninong, di Palu, Jumat mengemukakan, Pihaknya berencana menurunkan 100 Atlet pada POPDA 2016 di Kabupaten Buol.

"Hasil konsultasi kami dengan provinsi bahwa, direncanakan kami dari kontingen Kota Palu, akan menurunkan 100 Atlet," Ungkap Ninong.

Ia menguraikan, 100 Atlet tersebut untuk mewakili masing-masing cabang olahraga, dan ditargetkan dapat meraih juara umum pada Popda 2016.

Target itu, didasari atas banyaknya potensi Atlet di Kota Palu khsusnya ditingkat pelajar, yang sangat baik dan memungkinkan untuk berkompetisi.

Hanya saja akui dia, potensi tersebut belum terakomodir dan dibina dengan baik serta berkesinambungan.

Dengan target tersebut, pihaknya akan melakukan pembinaan dua bulan sebelum popda dimulai, yang direncanakan akan digelar pada tw II sekitar bulan Mei 2016.

"Baik sekali potensi yang dimiliki oleh Kota Palu, ditingkat pelajar. hanya saja, kita belum akomodir semuanya," ucapnya.

Lanjut kata dia, tidak hanya membina fisik, pihaknya juga akan meningkatkan pembinaan mental Atlet, sebelum bertanding di Popda.

"Pembinaannya kami lakukan dua bulan, sebelum Popda dimulai. itu, tidak hanya pembinaan bentuk fisik, tetapi mental dan strategi bertanding juga akan dibina," ujarnya.

Ia mengutarakan,pemerintah Kota Palu lewat Dispora siap untuk menanggulangi akomodasi, transportasi, serta atribut atlet dan official ke popda 2016 di Kabupaten Buol.

Ia mengatakan, Popda Tahun 2015 di Kabupaten Morowali, Palu tercatat sebagai juara umum atas perolehan medali sebanyak 26, dengan jumlah atlet yang ditunrunkan 59 atlet yang terdiri dari pelajar tingkat SMP dan SMP sederajat se-Kota Palu.