Pemkab Sigi lakukan studi banding pengelolaan air minum di Kota Cimahi

id pemkot cimahi,pemkab sigi,bupati sigi,mohamad irwan,pengelolaan air minum

Pemkab Sigi  lakukan studi banding pengelolaan air minum di Kota Cimahi

Pertemuan antara Pemkab Sigi, Sulawesi Tengah, dengan Pemkot Cimahi, Jawa Barat, berlangsung di Kantor Wali Kota Cimahi, Senin (7/11/2022). (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Sigi)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Sulawesi Tengah, melakukan studi banding pengelolaan air minum di Kota Cimahi, Jawa Barat, dalam rangka meningkatkan kapasitas Pemkab Sigi dalam pengelolaan dan pengembangan air minum.

"Sigi memiliki potensi air bersih dan air minum yang sangat memadai untuk dikelola sebagai salah satu sumber pendapatan daerah," ucap Bupati Sigi Mohamad Irwan, dihubungi dari Palu, Sulteng, Kamis.

Mohamad Irwan mengakui bahwa bersama rombongan telah bertemu dengan Pemerintah Kota Cimahi, pada Senin (7/11), di Cimahi. Kedatangan Pemkab Cimahi disambut oleh Pj Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan.

"Maksud dan tujuan kami bertemu dengan Pemkot Cimahi yaitu untuk belajar dan melihat langsung proses pengelolaan air minum di Kota Cimahi," kata Irwan.

Irwan mengatakan, Sigi sebagai daerah yang memiliki potensi air baku yang memadai dapat dikelola dan dikembangkan sebagai air bersih dan air minum, yang dalam teknis pelaksanaannya melibatkan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Sigi.

"Olehnya kami belajar dengan Pemkota Cimahi, kami berharap ke depan Pemkab Sigi dapat bekerja sama dengan Pemkot Cimahi dalam pengelolaan dan pengembangan air bersih dan air minum," ujar Irwan.

Dia mengatakan bahwa Pemkot Cimahi melalui Pj Wali Kota Dikdik S Nugrahawan merespons positif kunjungan studi tiru Pemkab Sigi ke daerahnya, sekaligus bersedia bekerja sama dengan pihak Pemkab Sigi.

Dia mengatakan pengelolaan air baku untuk menjadi air bersih dan air layak konsumsi, bukan hanya untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat, tetapi juga sebagai satu peluang untuk menarik investor berinvestasi dalam rangka percepatan peningkatan ekonomi masyarakat dan daerah.

"Potensi sumber daya alam yang ada di Sigi, prinsipnya dikelola dengan baik untuk kesejahteraan masyarakat dan untuk kepentingan kemajuan pembangunan daerah," kata Irwan.
 
Bupati Sigi Mohamad Irwan menyerahkan cenderamata kepada Pj Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan, berlangsung di Kantor Wali Kota Cimahi, Senin (7/11/2022). (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Sigi)