Pembalap remaja putri dari Sulut jadi bintang kejuaraan grasstrack Bupati Cup Morut

id Morut

Pembalap remaja putri dari Sulut jadi bintang kejuaraan grasstrack Bupati Cup Morut

Nama lengkapnya Andini Gabriella Mangindar. Usianya baru menginjak 16 tahun. Namun dalam kesehariannya ia memilih cabang olahraga yang terbilang ekstrem. ANTARA/HO-MCDD

Tinompo, Sulteng (ANTARA) - Nama lengkapnya Andini Gabriella Mangindar. Usianya baru menginjak 16 tahun. Namun dalam kesehariannya ia memilih cabang olahraga yang terbilang ekstrem.

Meski masih belia, remaja putri asal Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara ini, aktif berlatih dan mengikuti kejuaraan motocross di berbagai tempat yang diselenggarakan Ikatan Motor Indonesia (IMI).
Andini mengendarai motor trail dalam kejuaraan grasstrack Bupati Cup Morut yang berlangsung di Tinompo, Kecamatan Lembo, Kabupaten Morowali Utara, 9-11 Juni 2023. ANTARA/HO-MCDD

Kebolehan Andini mengendarai motor trail itu dipertontonkan dalam kejuaraan grasstrack Bupati Cup Morut yang berlangsung di Tinompo, Kecamatan Lembo, Kabupaten Morowali Utara, 9-11 Juni 2023.

Remaja putri yang kini duduk di kelas 2 SMK Negeri 1 Airmadidi, Minahasa Utara, itu merupakan satu-satunya peserta putri dari sekitar seratus peserta balapan motor tersebut.

Maka, tidak mengherankan kalau Andini benar-benar menjadi bintang dan idola para penonton yang berjubel di pinggir arena balapan.

Meski bertarung bersama para pembalap pria dan berusia jauh di atasnya, Andini tidak gentar. Ia tampil dengan percaya diri. Dukungan penonton juga menambah semangatnya.

Setiap kali panitia menyebut nama Andini melalui pengeras suara, gemuruh sorak-sorai penonton langsung bergema.

"Ayo Andini....Andini...kalahkan semua itu laki-laki. Kami mendukungmu," teriak beberapa ibu yang berada di pinggir garis start.

Begitupun saat Andini "terbang" (jumping) di atas gundukan sirkuit, penonton langsung bertepuk tangan dan terus mengelu-elukannya. 

Sorak-sorai juga terjadi setiap kali Andini berhasil menyalip pembalap lainnya. Para penonton tak henti-hentinya berteriak memberi dukungan.
Andini mengendarai motor trail dalam kejuaraan grasstrack Bupati Cup Morut yang berlangsung di Tinompo, Kecamatan Lembo, Kabupaten Morowali Utara, 9-11 Juni 2023. ANTARA/HO-MCDD

Ditemui di pinggir sirkuit, Andini mengatakan ingin sekali menjadi pembalap profesional. Karena itu ia terus berlatih dan mengikuti kejuaraan.

"Saya senang saja. Saya sudah mulai ikut balapan pada umur 9 tahun. Orang tua juga mendukung," jelasnya.

Selain di Sulut, Andini juga beberapa kali ikut kejuaraan motocross di beberapa tempat. Ia berharap bisa menjadi pembalap putri yang terkenal.