Kapolri kirim bantuan bagi warga terdampak kekeringan di Papua Tengah

id Kekeringan papua tengah, bantuan kapolri, bantuan kemanusiaan, mabes polri, kadiv humas polri, irjen sandi nugraha

Kapolri kirim bantuan bagi warga terdampak kekeringan di Papua Tengah

Aparat wilayah mendistribusikan bantuan kemanusiaan dari Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo untuk warga Papua Tengah yang terdampak kekeringan, Kamis (10/8/2023). (ANTARA/HO-Divisi Humas Polri)

Jakarta (ANTARA) -
Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengirimkan bantuan kemanusiaan berupa kebutuhan pokok dan pakaian hangat untuk warga di Provinsi Papua Tengah yang terdampak kekeringan akibat cuaca ekstrem yang dipengaruhi musim dingin di Australia.
 
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Sandi Nugraha menyebutkan Kapolri mengirimkan bantuan berupa 264,7 ton beras, 1.500 paket sembako hingga pakaian hangat (jaket).
 
"Jumlah bantuan sosial saat ini sebanyak 264,7 ton beras dan 1.500 paket sembako," kata Sandi di Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan sebanyak 1.500 paket sembako yang disalurkan masing-masing paket terdiri atas beras seberat 5 kg, mi instan, susu kental manis, ikan sarden, dan kecap manis.
 
Kemudian, dikirimkan pula bantuan untuk masyarakat berupa 1.000 jaket dewasa dan 150 jaket anak.
 
Jenderal bintang dua itu menjelaskan bantuan tersebut langsung diserahkan kepada masyarakat di Papua Tengah yang membutuhkan.
 
Dalam penyaluran bantuan kemanusiaan dari Kapolri ini, Polri bekerja sama dengan sejumlah pihak terkait.
 
"Polri bekerja sama dengan TNI, BNPB, dan Pemerintah Kabupaten Puncak untuk mendistribusikan bantuan kemanusiaan tersebut," kata Sandi.


 
Sandi menambahkan bantuan itu akan dibawa dengan menggunakan pesawat terbang dari Timika menuju lokasi bencana di Agandume dengan menempuh waktu sekitar 40 menit dan ke Sinak sekira satu jam.
 
"Bantuan yang sampai di Agandume kemudian di distribusikan menuju jalur darat atau jalan kaki ke Lambewi dan Oneri dengan estimasi selama setengah hari," ujar Sandi.
 
Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan kekeringan yang terjadi di Kabupaten Puncak, Papua Tengah, dipengaruhi musim dingin di Australia sehingga kekeringan yang terjadi terkait dengan cuaca ekstrem, bukan karena musim kemarau yang sedang berlangsung di Indonesia.
 
Kondisi tersebut seperti halnya musim dingin di negara lain yang membuat tumbuhan tidak tumbuh, melainkan gugur untuk menghemat air karena udaranya membawa kekeringan.
 
Sedangkan di Papua Tengah di mana banyak dataran tinggi, udaranya sangat dingin dan membuat adanya kabut upas maupun butiran es. Masyarakat di tiga distrik, yakni Agandugume, Lembawi ,dan Oneri yang biasanya bercocok tanam secara swadaya untuk memenuhi kebutuhan kelompok mereka terdampak kekeringan.
 
Lokasi penduduk juga tidak terpusat di satu wilayah, melainkan berpencar karena adanya sejumlah ladang yang dimiliki satu kampung berisi 15 kepala keluarga.
 
Nahasnya, pada saat terjadi di periode Juli sampai Agustus 2023 ketika butiran es itu setiap malam atau setiap pagi muncul akan menggembosi umbi-umbian yang ada di dalam tanah yang menjadi sumber makanan utama bagi masyarakat Papua.
 
Kondisi tersebut terjadi berulang-ulang sehingga membuat BNPB merumuskan penanganan bencana ke depannya di wilayah tersebut.
 
Menurut peta risiko bencana, tiga distrik tersebut berisiko kekeringan. Dari hub BNPB, Timika merupakan wilayah paling dekat untuk menurunkan bantuan ke Agandugume dan sekitarnya.
 
Namun, hambatan cuaca membuat bantuan hanya dapat diturunkan ke Distrik Sinak pada Kamis (3/8). Warga Agandugume dan sekitarnya harus berjalan kaki dan bermalam untuk mendapatkan bantuan di Sinak.
 
Jika sebelumnya bantuan hanya dapat diturunkan di Distrik Sinak, pada saat ini bantuan dapat langsung diantarkan ke Distrik Agandugume, dan melalui jalan darat ke dua distrik lainnya.