Pemkot Palu matangkan agenda pelaksanaan HUT ke-45 kota

id Hub palu, kota palu, Pemkotpalu, Sulteng, gempa palu

Pemkot Palu matangkan agenda pelaksanaan HUT ke-45 kota

Pemkot Palu menggelar rapat mematangkan agenda pelaksanaan HUT ke-45 Kota Palu yang jatuh pada 17 September 2023, Senin (18/9/2023). ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah saat ini mematangkan penyusunan agenda pelaksanaan HUT ke-45 Kota Palu yang jatuh pada 27 September 2023.

"Kegiatan upacara bendera merupakan kegiatan utama, dan dalam rangkaian itu pemerintah Daerah (Pemda) menggelar makan bersama sepanjang 45 meter sesuai dengan angka usia daerah ini," kata Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kota Palu Imran Lataha saat memimpin rapat persiapan HUT kota, di Palu, Senin.

Ia menjelaskan, makan bersama di pusatkan sekitar kompleks Setda Kota Palu atau di Jalan Balai Kota Utara bersama warga dengan menu makanan tradisional lembah Palu.

Makan bersama ini dengan konsep gelaran meja sepanjang 45 meter kali pertama digelar sebagai rangkaian HUT, dan menu makanan disiapkan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Acara ini sebagai bentuk syukur, dan pemerintah berbaur dengan masyarakat dalam satu kegiatan akbar," ujarnya.

Selain membahas soal makan bersama, rangkaian kegiatan pendukung lainnya dimatangkan dalam rapat ini, dan OPD yang telah ditugaskan urusan teknis jangan sampai melewatkan hal sekecil apapun demi kesuksesan acara.

Ia memaparkan, sehari setelahnya, Pemkot Palu akan memperingati bencana gempa, tsunami dan likuefaksi 28 September dengan kegiatan tabur bunga di bekas tsunami dan likuefaksi, termasuk pemakaman massal korban bencana.

"Peristiwa itu tidak bisa hilang dari ingatan, maka ini menjadi agenda penting," ucap Imran.

Ia memaparkan, setelah tabur bunga untuk mengenang korban bencana, dilanjutkan dengan dengan zikir bersama pada malam hari di halaman Setda Kota Palu.

"Kami berharap semua rangkaian kegiatan dapat berjalan lancar, dan kegiatan ini juga perlu dukungan semua pihak," demikian Imran.