Kesbangpol Kota Palu: Duta Pancasila pelopor jaga demokrasi momen pemilu

id Purna paskibraka, duta Pancasila, Kesbangpol palu, Ansyar Situasi, demokrasi,Pemkotpalu, Sulteng, pemilu

Kesbangpol Kota Palu: Duta Pancasila pelopor jaga demokrasi momen pemilu

Peningkatan kompetensi purna Paskibraka duta Pancasila Kota Palu diselenggarakan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) di Kota Palu, Kamis (14/12/2023). ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu

Palu (ANTARA) -
Kepala Kesbangpol Kota Palu, Sulawesi Tengah(Sulteng) mengatakan duta Pancasila dapat menjadi pelopor dalam menjaga keutuhan demokrasi pada momentum Pemilu 2024 dengan mengedepankan nilai-nilai luhur dasar negara.
 
"Pemuda dan pemudi merupakan tulang punggung bangsa yang memiliki peran penting dalam menjaga, memelihara, dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, tidak terkecuali dalam konteks pesta demokrasi yang saat ini sedang berproses," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palu Ansyar Situasi dalam kegiatan peningkatan kompetensi purna Paskibraka duta Pancasila Kota Palu, di Palu, Kamis.

Menurut dia, pemilu serentak merupakan salah satu momentum penting dalam perjalanan demokrasi di Indonesia, dimana setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk ikut serta dalam menentukan arah dan kepemimpinan negara.

Olehnya, duta Pancasila menjadi garda terdepan dalam mengampanyekan Pancasila sebagai ideologi bangsa kepada generasi muda, termasuk edukasi demokrasi dalam konteks pemilu guna mengajak pemilih ikut berpartisipasi menyalurkan hak konstitusi.

"Demokrasi Pancasila bukan sekadar istilah, melainkan suatu konsep yang mendasari tatanan masyarakat. Kebersamaan, musyawarah, mufakat, serta gotong royong adalah pilar-pilar utama yang harus dipegang teguh dalam menjalankan kehidupan berdemokrasi," ujarnya.

Duta Pancasila juga berperan sebagai agen perubahan yang mampu membawa dampak positif bagi masyarakat dan bangsa ke depan, maka penguatan kapasitas diharapkan dapat memahami secara mendalam nilai-nilai demokrasi dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Ia berharap, melalui kegiatan tersebut dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesadaran maupun pemahaman generasi muda terhadap nilai-nilai Pancasila.

"Mereka dapat menjadi pelopor kehidupan demokratis yang berkeadilan dan berkeadaban," ucap Ansyar.

Kegiatan diprakarsai Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) ini mengusung tema "Pengenalan nilai demokrasi Pancasila dalam menghadapi Pemilu 2024."