Hizbullah ancam balas pembunuhan Arouri di Lebanon

id Hamas,Hizbullah,Saleh Arouri ,Lebanon,Konflik Israel Palestina

Hizbullah ancam balas pembunuhan Arouri di Lebanon

Wakil Pemimpin Hamas Saleh Al-Arouri (kanan) dan mantan menteri luar negeri Iran Ali Akbar Velayati dalam foto bertanggal 21 Oktober 2017. (Sayyed Mahmoud Hosseini/Tasnim News Agency via Wikimedia Commons)

Beirut (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan Nasrallah menyatakan pembunuhan wakil ketua Hamas Saleh al-Arouri “tak akan luput dari hukuman."


Arouri tewas dalam serangan pesawat nirawak Israel di kantor Hamas di ibu kota Lebanon, Beirut, pada Selasa malam, kata media Lebanon seperti dilansir Anadolu.

Insiden itu terjadi sebagai dampak perluasan perang Israel dan Hamas di Jalur Gaza.

"Apa yang terjadi kemarin dan pembunuhan Arouri sangat berbahaya," kata Nasrallah dalam sambutannya Rabu malam.

"Serangan ini adalah yang pertama sejak 2006," sambung dia.

Nasrallah menyebut pembunuhan Arouri adalah upaya Israel dalam mengirimkan kesan bahwa mereka menang setelah gagal mencapai tujuan di Gaza.

Arouri adalah tokoh Hamas paling senior yang dibunuh Israel sejak pecahnya konflik Gaza pada 7 Oktober 2023.

Iran mengutuk keras serangan Israel yang menewaskan Arouri itu.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kanaani memperingatkan bahwa pembunuhan para pemimpin Hamas pasti akan menciptakan gelombang perlawanan dan motivasi untuk melawan pendudukan Israel, tak hanya Palestina tetapi juga Timur Tengah.

Pasukan penjaga perdamaian PBB di Lebanon (UNFIL) juga menyuarakan keprihatinan mendalam atas kemungkinan meningkatkan  permusuhan di kawasan itu setelah pembunuhan Arouri.